4 Cara Melihat Kata Sandi IG Mudah Tanpa Aplikasi

cara mengetahui password IG yang lupa

Ingin melihat kata sandi / password IG karena lupa atau sudah lama tidak di login. Tenang jangan panik karena kami akan memberikan cara terbaik untuk Kamu.

Beberapa pengguna seringkali lupa password akun IG mereka, karena terlalu banyak memegang akun. Nah, jangan panic dulu! Karena kami akan membagikan tips cara mengetahui dan melihat kata sandi IG termasuk jika Kamu sering dengan password IG sendiri.

Info tech paling update! Ikuti kami di WhatsApp Channel & Google News, Jadilah bagian komunitas kami!

Media sosial Instagram menjadi salah satu platform yang digandrungi orang-orang saat ini. Alih-alih hanya sebagai media hiburan dan berbagi cerita, pengguna Instagram juga kerap memanfaatkan Instagram sebagai promosi diri, maupun promosi untuk produk usahanya.

Di samping itu Instagram juga memiliki beragam fitur yang sangat membantu dan pihak Meta selaku pemilik dari Instagram terus melakukan inovasi, maka tak heran penggunanya terus bertambah.

Cara Melihat Kata Sandi IG Yang Lupa

cara melihat kata sandi IG yang lupa

Sebetulnya kata sandi atau password Instagram memang wajib kita catat agar tidak mudah lupa, terlebih jika kita memiliki banyak akun baik untuk keperluan bisnis ataupun pekerjaan.

Sebagian besar pengguna memang kurang memperhatikan keamanan password IG, ditambah juga sering tidak mengingat kata sandinya.

Kami akan membagikan beberapa tips untuk mengatasi permasalahan ini. Cara mengetahui kata sandi instagram sangat mudah kok, simak lagkah-langkah di bawah ini.

Melihat Password IG Melalui Aplikasi Google Chrome

Berikut langkah cara mengetahui password IG dengan mudah melalui Google Chrome.

  1. Buka Browser Google Chrome

    Langkah pertama, silakan Kamu buka aplikasi Google Chrome yang ada di HP.

  2. Klik Ikon Titik Tiga

    Selanjutnya Kamu bisa langsung klik ikon titik tiga vertikal di pojok kanan atas.

  3. Klik New Tab

    Setelah itu maka akan muncul pop up box. Nah, di sini Kamu bisa klik New Tab atau membuka tab baru.

  4. Klik Kembali Ikon Titk Tiga

    Jika sudah masuk ke menu new tab, Kamu bisa klik kembali ikon titik tiga di pojok kanan atas.

  5. Pilih Settings/Setelan

    Kemudian Kamu bisa masuk ke menu pengaturan, dengan memilih opsi Settings.

  6. Pilih Opsi Password/Kata Sandi

    Langah selanjutnya Kamu bisa memilih opsi Password untuk mulai melihat kata sandi akun-akun dari beberapa aplikasi yang pernah Kamu simpan password-nya.

  7. Pilih Opsi Instagram

    Maka nantinya akan muncul beberapa akun dari aplikasi. Nah, jika ada Instagram, silakan Kamu langsung klik.

  8. Klik Tanda Mata

    Di sini Kamu bisa mulai melihat kata sandi Instagram Kamu dengan menekan ikon mata.

  9. Verifikasi

    Pada versi terbaru aplikasi Chrome Kamu akan diminta verifikasi password atau sidik jadi HP. Silakan Kamu bukan verifikasi untuk bisa dapat melihat atau cek sandi ig . Selesai!

Itulah cara mengetahui password IG jika Kamu mengalami lupa, trik tersebut menggunakan aplikasi Google Chrome. Namun perlu Kamu ketahui. Pada dasarnya password yang nyangkut di Google Chrome adalah password yang Kamu simpan.

Sebagai contoh, Kamu pernah bukan membuka Facebook atau Instagram lalu pas berhasil login muncul pop up “apakah Anda ingin menyimpan password?”, nah jika Kamu pernah menyimpan password saat login Instagram, maka password Instagram Kamu akan bisa dilihat menggunakan cara diatas.

Namun jika Kamu tidak pernah menyimpannya atau tidak pernah login Instagram melalui browser Chrome ini, maka password tidak akan tampil. Tapi jangan khawatir, kami akan memberikan beberapa tips lainnya untuk cek kata sandi ig.

Cara Melihat Password IG di iPhone

cara melihat kata sandi ig

Selanjutnya Kamu bisa melihat password ig di iPhone, tentu saja caranya masih menggunakan browser yang ada pada perangkat.

Untuk para pengguna perangkat iOS langsung saja lihat password Instagram Kamu yang lupa menggunakan browser.

Jika Kamu masih bingung bagaimana cara mengetahui password IG yang lupa menggunakan browser iPhone?

Jangan khawatir, Kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Pertama, Kamu bisa pergi ke menu Settings
  • Selanjutnya, silakan pilih menu Passwords atau Passwords & Accounts
  • Kemudian silakan pilih opsi Website & App Passwords yang ada di pilihan menu
  • Di sini pengguna akan diminta verifikasi keamanan, seperti menggunakan Face ID, Touch ID, atau passcode. Tergantung dari setelan sistem
  • Terakhir, Kamu bisa cari dan pilih Instagram. Jika kesulitan, silakan gunakan fitur Search untuk memudahkan. Nantinya akan ada info username dan password.

Sebagai informasi, cara mengetahui password IG yang lupa melalui iPhone ini hanya bisa digunakan ketika opsi save password sudah diaktifkan sama seperti di Android yang telah kami jelaskan sebelumnya.

Cara Melihat Password IG Menggunakan Fitur Lupa Password

cara melihat kata sandi ig

Cara melihat password IG lainnya yaitu melalui fitur forgot password yang ada di Instagram.

Namun sebelum itu, perlu Kamu ketahui bahwa menggunakan fitur forgot password tidak benar-benar dapat melihat password Instagram Kamu.

Tapi jangan salah ya, fitur ini membantu pengguna Instagram yang lupa dengan password-nya.

Fitur ini akan mengirimkan verifikasi ke akun terkait melalui Google atau Facebook atau nomor Telepon, lalu pengguna bisa menyetel ulang password Instagram dengan password yang baru, sehingga pasword lama yang Kamu lupakan tersebut sudah tidak aktif dan tidak bisa digunakan.

Jika masih bingung, berikut langkah-langkahnya:

  • Langkah pertama cara melihat kata sandi ig sendiri yaitu silakan untuk buka aplikasi Instagram, atau Instagram web.
  • Nantinya Kamu akan masuk ke menu Login.
  • Nah, di bawah kolom login ini terdapat opsi “Lupa Kata Sandi” atau “Get Help with logging in“.
  • Silakan klik opsi tersebut.
  • Maka nantinya akan muncul kolom dengan beberapa pilihan untuk verifikasi. Seperti username, email adress, dan nomor telepon.
  • Kamu ingat-ingat akun Instagram Kamu tersambung dengan menggunakan apa. Biasanya sih kebanyaan akun tersambung dengan Gmail/Email.
  • Nah, misalnya tersambung dengan Gmail, langsung saja Kamu masukkan alamat email Kamu.
  • Maka nantinya Instagram akan mengirimkan pesan verifikasi dan pergantian kata sandi.
  • Kamu bisa cek email, dan klik link yang diberikan oleh pihak Instagram.
  • Maka Kamu bisa membuat kata sandi atau password Instagram yang baru.
  • Jika sudah verifikasi, Kamu bisa login Instagram kembali dengan password yang baru.
  • Selesai.

Nah itulah cara mengetahui password IG dengan mengguankan fitur forgot password. Biasanya memang tidak sedikit pengguna Instagram yang lupa dimana akun Instagram mereka teringrasi. Jika Kamu salah satunya, Kamu bisa coba satu-satu dengan menggunakan Email, dan nomor telepon.

Jika benar menggunakan nomor telepon, maka pihak Instagram akan mengirimkan SMS verifikasi dan pergantian password ke nomor Kamu.

Tapi Kamu perlu berhati-hati, jika nomor telepon yang tersambung dengan Instagram ini sedang tidak Kamu pegang ataupun nomor tersebut sudah digunakan orang lain, jangan coba untuk menggunakan cara ini. Khawatir si pemilik nomor yang masih tersambung ke Instagram Kamu akan mengambil alih akun Kamu.

Cara Mengetahui Password IG dengan HTML Tanpa Email dan Nomor HP

Ada banyak orang yang beranggapan bahwa cara mengetahui password IG dengan HTML tanpa menggunakan email dan nomor HP adalah cara yang paling ampuh, padahal itu sama saja sepeti cara hack password Facebook yang nyatanya hanya hoax saja.

Sama seperti cara hack FB yang sudah kami jelaskan, untuk mengetahui password IG menggunakan HTML ini Kamu wajib download script hack IG yang katanya bisa digunakan untuk mengatahui password untuk login.

Cara kerjanya hampir sama, jadi Kamu membuka script hack IG tersebut dan nantinya akan muncul seperti halaman login untuk membuat password baru, tapi nyatanya itu hanyalah kode HTML biasa tanpa terkoneksi ke server database Instagram.

Selain itu cara lain untuk mengetahui password IG dengan mudah, ada juga yang bilang menggunakan aplikasi bernama Instaleak yang sudah kami jabarkan sebelumnya. Silahkan Kamu baca lebih detail di halaman tersebut untuk mengetahui cara kerjanya.

Nah jika ada kendala dengan Gmail yang tidak bisa dibuka karena lupa kata sandi? tenang, simak artikel cara melihat password Gmail sendiri di sini!.

Tips Menyimpan kata sandi IG agar tidak lupa

Nah untuk kamu yang tidak ingin kata sandi IGnya lupa lagi, ada baiknya kamu menyimpan baik-baik kata sandi tersebut. Tapi bukan sembarang menyimpannya, kamu bisa ikuti tips menyimpan kata sandi IG seperti yang kami jabarkan di bawah ini:

  1. Gunakan Manajer Kata Sandi: Ada banyak aplikasi manajer kata sandi yang aman dan mudah digunakan seperti LastPass, 1Password, atau Dashlane. Manajer kata sandi ini akan menyimpan semua kata sandi Kamu di tempat yang aman.
  2. Buat Kata Sandi yang Mudah Diingat: Buatlah kata sandi yang unik namun mudah diingat untuk Kamu. Jangan gunakan informasi umum seperti tanggal lahir atau nama hewan peliharaan karena bisa mudah ditebak.
  3. Penggunaan Mnemonik: Kamu bisa menciptakan kalimat atau frasa yang mudah diingat sebagai mnemonik untuk kata sandi Kamu. Misalnya, jika kata sandi Kamu adalah “G4b5S6t7”, Kamu bisa mengingatnya sebagai “Gajah 4 berjalan 5 selangkah 6 terjatuh 7”.
  4. Tulis dan Simpan di Tempat yang Aman: Kamu bisa menulis kata sandi Kamu di buku catatan kecil dan simpan di tempat yang aman. Ingat, jangan pernah menyimpannya di tempat yang bisa diakses orang lain.
  5. Penggunaan Teknologi: Gunakan fitur penyimpanan kata sandi yang disediakan oleh browser seperti Google Chrome atau Firefox. Fitur ini biasanya aman asalkan komputer atau perangkat Kamu dilindungi dengan baik.
  6. Pulihkan Kata Sandi: Jika Kamu sering lupa kata sandi, mungkin opsi terbaik adalah sering memperbarui atau mengganti kata sandi dan memastikan bahwa email pemulihan Kamu selalu up-to-date. Dengan begitu, jika Kamu lupa, Kamu bisa mereset kata sandi melalui email.

Ingatlah untuk selalu menjaga keamanan kata sandi Kamu dan jangan pernah membagikannya dengan orang lain.

Baca juga: Kenapa Instagram Tidak Bisa Login, Penyebab dan Cara Mengatasinya

Akhir Kata

Demikian ulasan tentang cara mengetahui password IG yang lupa melalui 3 cara di atas. Bagaimana? sekarang Kamu tidak perlu kebingungan lagi bukan jika suatu waktu lupa password IG. Nah, agar mencegah lupa password Instagram lagi, sebaiknya Kamu catat kata sandi setiap akun termasuk akun Instagram di tempat yang aman. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Dapatkan Update Terbaru Langsung! OK No thanks