IMAP: Sejarah Singkat, Cara Kerja, dan Kelebihannya

imap

Internet Message Access Protocol atau IMAP merupakan protokol pengambilan email standar yang masuk ke dalam jaringan. Jenis protokol ini memungkinkan penggunanya untuk mengatur pesan ke dalam folder, menandai pesan untuk urgensi, dan menyimpan pesan draf. Untuk lebih lengkapnya, yuk simak ulasan berikut.

Sejarah Singkat Mengenai IMAP

Perlu diketahui, Internet Message Access Protocol yang juga ada pada perangkat Android awalnya dirancang sebagai alternatif yang lebih baik dari protokol lama, yakni Post Office Protocol atau POP. Protokol satu ini dirancang oleh Mark Crispin pada tahun 1986.

Sebelumnya, protokol tersebut dikenal dengan nama Internet Mail Access Protocol, Interaktif Mail Access Protocol, dan Interim Mail Access Protocol. Versi asli dari Internet Message Access Protocol hilang dari sejarah kemudian versi pertama yang dirilis pada tahun 1988 akhirnya dibuat dan menjadi standar.

Maju cepat beberapa tahun ke era Dial Up, diperkenalkan Internet Message Access Protocol 4 pada 1994. Revisi protokol ini menambahkan pengindentifikasi pesan persisten yang disebut dengan UID.

Cara Kerja Internet Message Access Protocol

imap

Sebagai protokol pengambilan email, Internet Message Access Protocol memiliki fungsi utama, yakni perantara server email dan klien email. Ketika pengguna membaca email menggunakan protokol di perangkat Android, maka akan terbaca dari server. Dengan begitu, email tidak benar-benar diunduh atau disimpan di perangkat lokal.

Hal ini berarti, email tidak akan terikat ke perangkat tertentu dan pengguna dapat mengakses dari lokasi mana pun menggunakan perangkat berbeda, seperti PC desktop, laptop, smartphone Android, maupun tablet. Adapun langkah dan proses umum yang terlihat dalam operasi Internet Message Access Protocol, yakni:

  • Ketika pengguna masuk ke klien email, seperti Microsoft Outlook, maka klien akan menghubungi server menggunakan Internet Message Access Protocol.
  • Kemudian, koneksi dibuat pada port-port tertentu.
  • Setelah itu, header semua email ditampilkan oleh klien email.
  • Protokol umumnya hanya mengunduh pesan ke klien saat pengguna mengkliknya, di mana lampiran tidak diunduh secara otomatis.
  • Jika sudah, pengguna dapat memeriksa pesan lebih cepat dengan Internet Message Access Protocol dibandingkan protokol pengambilan email lainnya, seperti Post Office Protocol 3 atau POP3.
  • Pesan email tersebut tetap berada di server, kecuali pengguna menghapusnya.

Seperti Internet Message Access Protocol, POP3 juga termasuk protokol pengambilan email client-server. Akan tetapi, ada perbedaan antara keduanya, yakni dengan POP3 email disimpan untuk pengguna dalam satu kotak kemudian dipindahkan dari server ke perangkat saat klien email terbuka.

Apa Saja Kelebihan Internet Message Access Protocol?

Sebagian besar implementasi Internet Message Access Protocol mendukung banyak login. Hal inilah yang memungkinkan pengguna untuk berhubungan secara bersamaan ke server email dari perangkat berbeda.

Misalnya, pengguna secara bersamaan dapat mengakses email dengan aplikasi Outlook di Android serta aplikasi Outlook di desktop. Beberapa kelebihan lainnya dari Internet Message Access Protocol pada perangkat Android, di antaranya:

  • Satu kotak surat dapat digunakan bersama-sama oleh banyak pengguna.
  • Pengguna bisa mengatur email di server dengan membuat folder dan subfolder.
  • Terdapat dukungan untuk fungsi email, seperti pencarian dan pengurutan.
  • Server dari protokol mendukung ekstensi IDLE atau push mail sehingga email ditampilkan di kotak masuk sebagai pesan belum dibaca.

Meski banyak kelebihan yang didapat, Internet Message Access Protocol memiliki mekanisme otentikasi yang dapat dengan mudah diketahui orang lain. Karena itu, siapa pun bisa mencuri kata sandi sebab nama pengguna dan password klien dikirimkan dengan teks yang jelas.

Demikian informasi terkait IMAP, mulai dari sejarah, cara kerja, hingga kelebihannya. Dengan adanya protokol ini, pengguna dapat memeriksa email dari beberapa perangkat berbeda tanpa melewatkan apapun.



Info tech paling update! Ikuti kami di WhatsApp Channel & Google News, Jadilah bagian komunitas kami!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Dapatkan Informasi Lebih cepat!

X
Mau selalu update? Aktifkan Notifikasi sekarang juga! OK No thanks