Eksklusif! Bocoran Spesifikasi Samsung Galaxy S21 Series dari LetsGoDigital

  • Whatsapp
Samsung Galaxy S21 series
Gambar ini milik LetsGoDigital.org dirancang oleh desainer grafis internal Giuseppe Spinelli, alias Snoreyn .

AndroidPonsel.com, 7 Desember 2020 – Seperti yang sudah dijanjikan oleh LetsGoDigital beberapa hari yang lalu, tepat hari ini, Senin (07/12) mereka membagikan rincian bocoran dari Samsung Galaxy S21 yang akan hadir pada tahun depan.

Samsung Galaxy S21 series adalah ponsel penerus dari S20 yang diluncurkan tahun ini, dikatakan sebelumnya S21 series akan hadir dalam tiga mode, yaitu S21, S21+dan tertinggi adalah S21 Ultra, yang tentunya hadir dengan fungsi inovatif dan peningkatan lainnya.

Bacaan Lainnya

Rumor bocoran rincian dari Galaxy S21 ini dikatakan oleh LetsGoDigital didapatkan dari informasi yang dapat diandalkan, bahkan mereka mengatakan sumber ini terkait erat dengan Samsung Electronic.

Namun pihak LetsGoDigital tidak membagikan gambar yang dibocorkan tersebut, hal tersebut demi anonimitas sumber yang mereka miliki.

Rumor ketidakpastian sebenarnya masih dipertanyakan dalam hal penamaan, ada yang mengatakan perangkat baru hadir dengan nama ‘Galaxy S21’ tapi ada juga yang menyebutkan perangkat tersebut akan hadir dengan nama ‘Galaxy S30’.

Tapi jika menggunakan ilmu cocokologi, kami memprediksi perangkat baru tersebut akan mendapatkan nama Galaxy S21 karena akan hadir di tahun 2021. Tapi jangan langsung dipercaya, karena ini masih prediksi.

LetsGoDigital membagikan gambar render 4K berdasarkan apa yang sudah diterbikan oleh Steve Hemmerstoffer, aslias OnLeaks di platform media sosial Voice beberapa waktu lalu.

Render tersebut dibuat oleh desainer grafis internal LetsGoDigital Giuseppe Spinelli, alias Snoreyn. Bahkan dikatakan Snoreyn juga akan segera merilis video renderk 4K Samsung Galaxy S21 di kanal Youtube miliknya.

Mari kita lihat bocoran dari rincian Samsung Galaxy S21 series yang akan datang.

Samsung Galaxy S21 Ultra

Samsung Galaxy S21 Ultra
Kredit : LetsGoDigital

Perlu digaris bawahi, Model Ultra sudah hadir semenjak peluncuran Galaxy S20 yang menjadi model paling tinggi di seri S. Seri Ultra tentu hadir dengan perbedaan karena spek yang lebih tinggi. Misalnya, flagship yang dibekali layar terbesar, kamera terbaik, dan baterai berkapasitas paling besar.

LetsGoDigital mengatakan Samsung tampaknya memilih tampilan yang sedikit lebih kecil, yaitu akan hadir dengan ukuran 6,8 inch bukan 6,9 inch.

Samsung Galaxy S21 Ultra akan memiliki layar melengkung, sedangkan model lain tidak mendapatkannya. Ini memberikan tampilan dan nuansa premium pada smartphone. Layar bulat 6,8 ”memiliki resolusi QHD + dan mendukung kecepatan refresh 120 Hertz yang adaptif.

Kamera selfie hadir disematkan pada lubang yang ditempatkan di tengah akan tetap dipertahankan, kemungkinan sensor yang akan diguanakan sebesar 40 megapiksel.

Rumor sebelumnya mengatakan bahwa Galaxy S series baru akan menggunakan kamera di bawah layar, tapi berdasarkan bocoran terbaru sepertinya Samsung tidak menggunakannya.

Pada bagian belakang terlihat adanya perubahan besar. Galaxy S20 Ultra adalah smartphone Samsung pertama dan satu-satunya yang hadir dengan fungsi zoom 10x Hybrid.

Fungsionalitas zoom ini kemungkinan besar akan dipertahankan pada S21 Ultra. Kamera sudut lebar 108 megapiksel baru akan terpasang, serta kamera sudut lebar ultra 12 megapiksel dan dua kamera telefoto 10 megapiksel, yang memungkinkan kemampuan zoom.

LetsGoDigital mengatakan bahwa tampaknya S21 Ultra tidak lagi memiliki kamera DepthVision.

Selain itu galaxy S21 Ultra mungkin dilengkapi dengan sensor ISOCell Vizion 3D ToF yang benar-benar baru yang dibuat oleh Samsung. Kamera kedalaman 3D baru diharapkan memiliki jangkauan yang lebih jauh untuk bersaing dengan sensor 3D presisi tinggi milik Apple.

Perubahan paling penting pada S21 Ultra adalah sudah kompetibel dengan S- Pen. Pena Sytlus ini menjadi fitur utama pada Galaxy Note selama bertahun-tahun.

Galaxy S21 Ultra menjadi ponsel S Series yang pertama mendapatkannya. Tapi perlu digaris bawahi bahwa Stylus ini tidak disertakan pada paket pembelian, melainkan sebagai aksesoris tambahan dan tidak dilengkapi dengan kompartemen S Pen – seperti halnya model Note.

Sumber mengatakan kemungkinan besar kapasitas baterai S21 Utra akan sebesar 5.000 mAh. Karena model baru ini dilengkapi dengan layar yang sedikit lebih kecil dan prosesor yang lebih hemat energi, hal ini sejalan dengan harapan bahwa daya tahan baterai secara keseluruhan akan sedikit meningkat dibandingkan tahun lalu.

Sedangkan pengisian cepat dikatakan akan mengemas daya sebesar 45W. Sayangnya, dalam paket pembelian hanya diberikan daya sebesar 25W.

Tentu saja ini kekurangan yang memang secara langsung dapat mempengaruhi, karena pabrikan China saat ini menyediakan pengisian daya yang lebih tinggi dalam paket pembeliannya.

Lain halnya dengan Apple, yang mengeluarkan ‘kebijakan lingkungan’ baru, di mana adaptor tidak lagi disertakan dengan model ponsel terbaru, dan iPhone terbaru hanya mendukung pengisian daya cepat 18W. Ada banyak kritik di internet terhadap Apple karena menghilangkan adaptor.

Untuk performanya, Galaxy Seri S versi Eropa akan dibekali dengan chipset Exynos 2100, sedangkan model Korea Selatan dan Amerika akan mendapatkan chipset Snapdragon 888 terbaru.

Chipste flagship Qualcomm terbaru ini hadir menawarkan kinerja hingga 25% lebih baik dari pendahulunya; Snapdragon 865. Selain itu chipset hadir dengan mode X60 terintegrasi yang mendukung 5G pada frekuensi mmwave dan sub-6GHz.

Sementara untuk varian yang menjalankan chip Exynos akan memberikan hasil yang sebanding untuk sebagian besar. Meskipun versi Exynos umumnya memberikan kinerja yang sedikit kurang baik dan juga sedikit kurang hemat energi dibandingkan varian Qualcomm – seperti yang ditunjukkan oleh berbagai hasil pengujian benchmark.

Pada kemunculan S20 Ultra, perangkat dibekali dengan RAM 12GB dan ROM 128 GB untuk versi paling murahnya, sedangkan versi lebih mahal berbekal RAM 16 GB dan ROM 512 GB.

Sayangnya masih belum ada informasi yang jelas untuk S21 Ultra terkait hal tersebut, tapi diharapkan versi paling murah paling tidak sudah mendapatkan ROM 256 mengingat tidak didukungan slot microSD dan juga hasil kamera yang akan sangat memakan banyak ruang.

Rumornya Samsung Galaxy S21 Ultra akan hadir dengan dua pilihan warna, yaitu Phantom Black dan Phantom Silver. Biasanya, Samsung memperkenalkan satu atau dua varian warna tambahan beberapa bulan kemudian – sebelum musim panas – untuk memberikan peningkatan penjualan ekstra.

Samsung Galaxy S20+

Samsung Galaxy S21 Plus
Kredit : LetsGoDigital.org

Pada bulan November lalu, bocoran terbaru datang dari Twitter ICe Universe yang mengatakan bahwa S20+ tidak akan menggunakan layar lengkung dengan resolusi yang hanya mencapai Full HD yang artinya lebih rendah dari S20 + yang mencapai QHD.

Selain itu dikatakan bahwa S21 Plus akan terbuat dari plastik bukan kaca yang mahal dan mewah. Dikatakan bahwa Samsung akan memutuskan untuk melakukan ini menyusul tanggapan positif terhadap Galaxy S20 FE dan Galaxy Note 20 yang diluncurkan awal tahun ini – keduanya terbuat dari casing plastik, bukan kaca.

Tentu saja ini adalah sebuah penurunan, dengan penggunaan bahan kaca corak warna akan terlihat lebih bagus, terlebih dengan pantulan cahaya membuat warna terlihat lebih artistik.

S21 plus, dikatakan akan hadir dengan layar berukuran 6,7 inci dengan kecepatan refresh rate 120 Hz. Sayangnya S21 + tidak mendukung kecepatan refresh adaptif yang fungsinya untuk smartphone menentukan sendiri kapan refresh rate terbaik diterapkan.

Sedangkan sistem kamera yang akan didapatkannya, diperkirakan Galaxy S21 Plus akan memiliki kamera sudut lebar 12 megapiksel, kamera sudut ultra lebar 12 megapiksel, dan kamera telefoto 64 megapiksel. Yang terakhir memungkinkan fungsionalitas 3x Hybrid zoom. Ini adalah konfigurasi kamera yang sama dengan S20 / S20 +.

Galaxy S21+ dikabarkan akan mendapatkan kapasitas baterai lebih besar dari S20+, yaitu 4.800 mAh beda 300 mAh dari S20+ yang mendpatkan 4.500 mAh.

Tidak ada perubahan signifikan yang diharapkan dalam hal fungsionalitas pengisian cepat. Mungkin perangkat tersebut akan kompatibel dengan pengisi daya 25W, tetapi ponsel hanya akan mendapatkan pengisian standar dengan daya 15W.

Model Plus akan dirilis dalam tiga warna pada saat peluncuran, yaitu Phantom Black dan Phantom Silver, Phantom Violet yang stylish juga akan tersedia.

Samsung Galaxy S21

Samsung Galaxy S21
Kredit : LetsGoDigital.org

Model paling dasar Galaxy S21 hadir dengan chipset yang sama seperti dua model yang lebih tinggi, yaitu Exynos 2100 atau Snapdragon 888 tergantung negara bagian mana ponsel tersebut diluncurkan.

Untuk Galaxy S21 hanya akan hadir dengan memori lebih kecil, mungkin RAM 8GB dan ROM 128GB, yang juga berbekal perangkat lunak yang sama dengan dua model atas, yaitu Android 11 terbaru dengan anatramuka One UI 3.1.

Pada Minggu lalu, Samsung mengumumkan bahwa peluncuran One UI 3.0 ke model S20 sedang berlangsung. Perangkat Galaxy kelas atas lainnya juga akan menyusul pada Januari 2021, baru setelah itu pembaharuan akan tiba pada ponsel seri A dan seri M yang lebih murah di bulan Maret.

Selain Galaxy S21, Galaxy S21 FE diharapkan hadir menjadi alternatif harga yang lebih murah. Sama seperti tahun lalu, model dasarnya didesain paling kecil. Oleh karena itu, ukuran layar merupakan perbedaan utama dengan model Plus.

Samsung S21 dilengkapi dengan layar 6,2 inci datar dengan resolusi Full HD +. Sama seperti model Plus, model dasar pada bagian punggung terbuat dari plastik.

Konfigurasi kamera nampaknya identik dengan tahun lalu, yaitu kamera sudut lebar 12 megapiksel, kamera sudut ultra lebar 12 megapiksel, dan kamera telefoto 64 megapiksel dengan 3x hybrid zoom dan 30x digital zoom.

Semua model S21 akan dapat merekam video dalam resolusi 8K. Dalam hal desain, kamera S21 akan sesuai dengan S21 +.

Karena tampilan yang lebih kecil, S21 juga mendapatkan kapasitas baterai baterai yang lebih kecil yaitu sebesar 4.000 mAh dengan adaptor daya 15 Watt mungkin akan disediakan sebagai standar.

Samsung Galaxy S21 hadir dengan pilihan warna terbanyak, yaitu dalam empat warna, yakni Phantom Grey, Phantom White, Phantom Violet dan Phantom Pink. Walaupun warna yang tersedia dapat berbeda di setiap negara.

Harga Samsung Galaxy S21 2021

Karena pengunaan bagian belakang yang terbuat dari pelastik dan layar datar kedua model S21 dan S21 plus diperkirakan akan dijual dengan harga yang lebih rendah.

LetsGoDigital mengatakan bahwa pembelian Samsung Galaxy S21 akan dimuali dari harga € 900 (model 5G, 128GB) atau dalam Rupiah berkisar di angka 15 jutaan.

Tentu saja semua yang kami jabarkan ini adalah bocoran yang didapatkan dari LetsGoDigital. Jadi untuk memastikannya apakah apa yang di informasi benar, kita harus menantikan pelucuran pasti dari Samsung Galaxy S21 Seris pada awal tahun depan.

Baca sumber kami untuk membaca artikel lebih lengkapnya.

Sumber : LetsGoDigital

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *