Cara Menyatukan File PDF dan Mengecilkan Ukurannya Tanpa Ribet

Cara Menyatukan File PDF Tanpa Ribet

Seperti yang diketahui, jika kita mengubah file ke format PDF, maka kita tidak dapat mengeditnya atau menyatukan satu dokumen ke dokumen pdf lainnya sebelum dikonversi menjadi format word. Tapi sebenarnya ada cara menyatukan file pdf, dan cara kompres pdf lho! Yaitu dengan menggunakan tools online dan offline.

Cara Menggabungkan File pdf Online Dengan ILovePDF

Cara Menyatukan File PDF Tanpa Ribet

Format Portable Document Format atau sering dikenal sebagai PDF, merupakan salah satu dari sekian banyak format berkas digital, dimana PDF sendiri biasanya digunakan untuk merepresentasikan dokumen dua dimensi yang meliputi teks, huruf, citra dan grafik vektor dua dimensi.

Read More

Dengan kita mengubah file menjadi format pdf, maka file akan menjadi lebih rapih, dan format tulisan maupun margin tidak akan berubah saat diakses oleh aplikasi pembaca dokumen manapun.

Memang format dari dokumen digital pun beragam, mulai dari docx, xlsx, jpg, hingga pdf. Namun banyak orang yang lebih memiliki untuk memberikan hasil akhir berkas PDF ketimbang word, atau excel.

Nah, jika Sobat ingin menggabungkan file PDF untuk keperluan tugas seperti jurnal, buku, sertifikat, poster, hingga laporan tahunan, Sobat ga perlu khawatir akan kesulitan untuk menggabungkannya. Berikut cara menyatukan file pdf dengan ILovePDF.

  • Pertama, silakan Sobat buka broswer di HP atau Laptop Sobat.
  • Kemudian kujungi situs ILovePDF di tab baru.
  • Selanjutnya pilih menu ‘Gabungkan PDF‘ atau ‘Merge PDF‘di bar menu atas. Jika kesulitan menemukannya, Sobat bisa copas link berikut > https://www.ilovepdf.com/id/menggabungkan-pdf
  • Setelah masuk ke tampilan utama, klik opsi ‘Pilih File PDF’, lalu silakan pilih beberapa file PDF yang ingin sobat gabungkan menjadi satu halaman.
  • Setelah itu file akan masuk proses unggahan. Nah, di sini Sobat bisa urutkan file PDF sesuai kebutuhkan (agar lebih mudah, sebaiknya kalian rename file PDF dengan angka 1, 2, 3, 4 agar tidak membingungkan ketika ingin digabungkan).
  • Lalu klik tombol ‘Gabungkan‘, dan tunggu proses penggabungan atau merge pdf selesai.
  • Jika sudah, silakan simpan file-nya dengan klik tombol download yang tertera di layar.

Sebagai informasi, di situs I Love PDF selain dapat menggabungkan pdf, Sobat juga bisa menggunakan beberapa tools converter lainnya. Adapun tools yang dapat diandalkan seperti Word Ke PDF, PDF ke Word, Powert Point ke PDF, PDF ke Excel, Excel ke PDF, JPG ke PDF dan lain sebagainya.

Silakan Sobat untuk bookmark situs ilovepdf.com jika Sobat akan membutuhkannya lagi. Bagi pelajar ataupun para pekerja yang sering terlibat dengan berkas digital, pastinya tools semacam ini dibutuhkan.

Walau tools yang tersedia sangat banyak dan dapat diandalkan, Sobat tetap bisa mencobanya secara gratis atau free lho. 

Cara Menggabungkan File pdf di Laptop Dengan Small PDF

Cara Menyatukan File PDF Tanpa Ribet

Apabila Sobat menyimpan file atau berkas pdf-nya di laptop, dan malas untuk memindahkannya ke HP, maka Sobat bisa coba cara menggabungkan file pdf di laptop dengan tools di situs Small PDF.

Untuk menggabungkan file PDF, berikut langkah-langkah mudahnya:

  • Buka browser di laptop atau PC kalian.
  • Kemudian masuk ke situs SmallPDF.com.
  • Jika sudah masuk ke lamannya, Sobat bisa pilih tools merge pdf yang berada di bar menu bagian atas.
  • Selanjutnya klik ‘choose file‘, dan pilih beberapa file PDF yang ingin Sobta satukan.
  • Sobat bisa memilih file dari penyimpanan perangkat, ataupun melalui cloud seperti Google Drive, Dropbox, atau yang lainnya.
  • Setelah itu Sobat bisa rapihkan file pdf sesuai urutan jika dirasa masih berantakan.
  • kemudian klik tombol ‘Merge‘ untuk mulai menggabungkan file pdf sesuai urutan.
  • Download untuk menyimpan file pdf yang berhasil digabungkan tersebut.

Sudah banyak yang tahu memang bahwa situs Small PDF ini begitu powerful, mengingat banyak sekali tools yang bisa digunakan seperti memperkecil dan memperbesar ukuran file, dan gratis pula.

Ubah PDF Ke Word

Kalau Sobat ingin merubah kembali file pdf ke word, maka Sobat bosa convert dokumen tersebut di tools Small PDF juga. Sobat dapat mengubah file pdf ke word dengan lebih dari satu file alias bisa mengkonversi hasil pdf yang telah digabungkan.

Hasil convert pdf ke word juga cukup rapih, dan jika ada sedikit format yang berantakan kalian bisa mengeditnya karena sudah menggunakan jenis file word atau doc.

Jadi, jika Sobat ingin merubah format berkas namun tidak ingin membuat format penulisan berantakan, maka silakan kalian gunakan Small PDF ini ya.

Small PDF juga memiliki aplikasi yang bisa digunakan untuk HP Android dan iPhone. Namun kami belum tahu apakah bisa digunakan secara offline atau tidak. Silakan unduh aplikasinya jika dirasa Sobat akan tetap membutuhkan alat untuk menunjang pekerjaan yang berhubungan dengan berkas digital.

Cara Menggabungkan File pdf Offline Dengan Aplikasi “Penggabungan PDF”

Cara Menyatukan File PDF Tanpa Ribet

Selain cara menyatukan file pdf secara online dan jika aplikasi Small PDF ini tidak dapat diakses secara offline, maka Sobat juga dapat menyatukan atau merge file pdf tanpa koneksi internet dengan aplikasi ini.

Jadi ketika Sobat tidak ada cukup kuota namun file PDF harus segera digabungkan untuk keperluan pekerjaan seperti menggabung protofolio untuk syarat lamaran kerja, maka aplikasi Penggabungan PDF adalah solusinya.

Aplikasi Penggabung PDF atau Merge PDF bisa kalian unduh di Google Play Store yang memiliki ukuran sangat ringan yaitu hanya 5,18 MB saja. Nah, untuk cara menggabungkan file pdf offline dengan mudah pakai aplikasi ini, kalian bisa mengikuti langkah-langkahnya di bawah:

  • Pertama Sobat bisa download terlebih dahulu aplikasi Penggabungan PDF.
  • Setelah itu, masuk ke dalam aplikasi dan Allow izin akses membaca dokumen yang diminta.
  • Kemudian Sobat dapat meng-upload file yang PDF yang ingin digabungkan. Pilih file PDF tersebut sekaligus agar tidak ribet bolak-balik.
  • Sobat bisa memilih file PDF dari penyimpanan ponsel ataupun penyimpanan cloud seperti Google Drive atau DropBox.
  • Setelah semua file PDF sudah diunggah, maka Sobat bisa langsung menekan tombol ‘Gabungkan‘ (jika dirasa masih rapih, silakan ururtkan file terlebih dahulu).
  • Klik Download untuk menyimpan berkas pdf yang telah digabungkan.

Aplikasi ini kami rekomendasikan untuk Sobat yang sering meng-handle berkas digital. Pasalnya aplikasi ini memiliki beberapa fitur andalan lainnya.

Fitur Lainnya

  1. Gabungkan PDF atau gambar menjadi satu PDF
  2. Gambar ke PDF menggugat opsi penggabungan.
  3. Susun ulang PDF untuk pesanan apa pun saat penggabungan.
  4. Enkripsi dokumen PDF dengan kata sandi
  5. Kompres dokumen PDF.
  6. Konversi halaman web ke PDF

Terlebih aplikasi ini bisa digunakan lewat offline atau tanpa koneksi internet sekalipun. Silakan Sobat coba cara menyatukan file PDF ini ya.

Cara Menggabungkan File PDF Di HP Dan Laptop

Cara Menyatukan File PDF Tanpa Ribet

Apabila Sobat ingin menggabungkan file pdf yang terpisah yang bisa diakses di laptop dan di HP, maka software Foxit Reader adalah aplikasi yang dapat kalian andalkan.

Memang untuk akhir-akhir ini aplikasi Foxit Reader jarang terdengar karena kurang kalah praktis dengan penggabung PDF online seperti yang dijelaskan sebelumnya.

Aplikasi Foxit Reader ini sekarang telah berganti nama menjadi Foxit PhantomPDF, dan untuk penambahan fitur barunya juga tersedia untuk para penggunanya. Memang aplikasi ini sudah populer dan banyak digunakan di seluruh dunia.

Begini cara menggabungkan file PDF di HP dan laptop :

  • Download aplikasinya melalui situs resminya.
  • Setelah diinstal di perangkat, kemudian Sobat bisa masuk ke aplikasinya dan pilih File > Create > From Multiple Files.
  • Lalu Window baru muncul, dan Sobat bisa lihat pada bagian bawah window tersebut.
  • Centang pada opsi ‘Merge multiple files into a single PDF file‘.
  • Lalu untuk menambahkan file, Sobat bisa klik ‘Add Files‘.
  • Setelah dipilih, tunggu sampai semua file yang akan dijadikan satu pdf telah berhasil diunggah ke Foxit Reader.
  • Jika dirasa file PDF tersebut masih berantakan dan tidak sesuai urutan, kalian dapat mengurutkan atau menghapus file jika diperlukan.
  • Setelah dirasa oke, langsung saja klik Convert, dan nantinya akan muncul laman baru untuk menentukan lokasi penyimpanan file PDF yang berhasil digabungkan ini.

Edit PDF via Aplikasi Foxit PDF Editor Untuk Android

Edit PDF via Aplikasi Foxit PDF Editor Untuk Android

Saat selesai mengunduh file pdf yang telah digabungkan dan Sobat ingin mengeditnya, Sobat bisa mengedit pdf tersebut melalui PC.

Tapi kalau Sobat ingin mengeditnya menggunakan HP, maka Sobat bisa andalkan aplikasi Foxit PDF editor yang bisa di-download melalui Google Play Store atau Apps Store.

Aplikasi ini tidak terlalu berat, dan tidak terlalu ringan juga karena ukurannya 92 MB. Meski begitu, Sobat akan bisa mengedit pdf dengan nyaman menggunakan aplikasi Foxit PDF Editor. Silakan Sobat download aplikasinya jika dirasa membutuhkan ya.

Cara Menggabungkan File PDF Di Android Dengan PDF Joinner

Cara Menyatukan File PDF Tanpa Ribet

Cara menyatukan file pdf lainnya yang bisa Sobat andalkan adalah situs PDF Joinner. Situs ini menyediakan berbagai tools yang salah satunya dapat sobat andalkan untuk menggabungkan file pdf. Tapi untuk menggunakannya, HP Android Sobat harus terkoneksi internet.

Nah, begini cara menggabungkan file PDF di Android dengan PDF Joinner:

  • Langkah pertama silakan Sobat buka browser di HP Android Sobat.
  • Kemudian Sobat bisa langsung copas link ini https://pdfjoiner.com/ untuk masuk ke PDF Joiner.
  • Selanjutnya tekan ‘choose file‘ untuk memilih berkas pdf mana yang ingin digabungkan.
  • Sobat juga bisa memilih file melalui penyimpanan ponsel, ataupun penyimpanan cloud seperti Google Drive atau DropBox.
  • Setelah itu, Sobat bisa urutkan dokumen pdf jika PDFnya masih tidak berurutan.
  • Langsung pilih tombol ‘Convert‘, dan tunggu hinga pdf berhasil digabungkan.

Ubah PDF ke PNG

Kalau Sobag ingin ubah file PDF yang telah digabungkan tersebut menjadi berkas berformat PNG, maka Sobat bisa langsung andalkan salah satu tools-nya yaitu PDF to PNG.

Meski begitu, sayangnya Sobat tidak dapat mengatur potrait atau landscape, ukuran PNG, serta marginnya. Tapi jangan khawatir, karena kualitas file PNG akan memiliki resolusi yang tinggi.

Di situs ini kalian juga dapat mencoba beebarapa tools converter lainnya, seperti PDF to DOC, DOC to PDF, PDF to JPG, Unlock PDF, bahkan PNG to PDF, dan tools lain sebagainya.

Cara Menyatukan File PDF Ke Word Dengan PDFCandy

Cara Menggabungkan File PDF Ke Word Dengan PDFCandy

Kalau Sobat ingin menyatukan file PDF ke word, Sobat bisa andalkan tools yang ada di situs PDFcandy. Seperti yang terlihat pada gambar, situs ini menyediakan banyak alat untuk menunjang pekerjaan untuk dokumen digital.

Tentu saja situs ini bisa kalian akses secara cuma-cuma alias gratis, dan hanya bermodalkan jaringan internet saja. Untuk menyatukan file PDF, begini cara menyatukan File PDF Ke Word dengan PDF Candy:

  • Pertama silakan Sobat untuk pergi ke website pdfcandy.com
  • Jika sudah, Sobat bisa drag and drop atau pilih file PDF yang ingin digabungkan dari perangkat di opsi ‘tambah file‘ secara bersamaan.
  • Setelah beberapa file pdf berhasil diunggah
  • Jika masih berantakan, Sobat bisa atur terlebih dahulu sesuai urutan susunan file PDF yang dibutuhkan, dengan cara geser satu persatu ke samping kanan dan kiri (beri nama file pdf sesuai urutan agar lebih memudahkan).
  • Jika sudah oke, Sobat bisa langsung gabungkan saja file PDF-nya dengan menekan tombol ‘Gabungkan‘ atau ‘Merge‘ berwarna hijau di bagian bawah susunan file PDF.
  • Tunggu sampai proses penggabungan selesai.

Terakhir, tinggal kalian simpan saja file PDF gabungan tersebut ke dalam folder yang diinginkan.

Bagaimana? sangat mudah bukan? silakan diikuti ya.

Cara Menggabungkan File PDF Di Macbook

Cara Menggabungkan File PDF Di Macbook

Cara menggabungkan file pdf di Macbook lebih mudah dan praktis ketimbang Windows yang harus menggunakan aplikasi pihak ketiga. Di Mac, Sobat tidak harus menginstall aplikasi penggabung PDF, karena Sobat hanya tinggal melakukannya dengan aplikasi bawaan macOS sendiri, yaitu Preview.

Tentunya untuk menggabungkan beberapa PDF menjadi satu menggunakan Preview di Mac ini begitu praktis. Sobat hanya perlu melakukan beberapa langkah berikut:

  • Pertama, silakan kalian buka File PDF dengan Preview, lalu pada menu View, silakan pilih Thumbnail untuk menampilkan Thumbnail halaman PDF di Sidebar.
Cara Menggabungkan File PDF Di Macbook
image/macpoin.com
  • Jika sudah, Sobat bisa pilih dimana lokasi file PDF untuk menggabungkan file PDF lainnya. Dengan kata lain, semisal saja Sobat ingin menyatukan file PDF kedua, tepat setelah file PDF pertama, maka kalian pilih halaman yang paling akhir.
  • Jika sudah, langsung pilih Edit > Insert > Page from file.
Cara Menggabungkan File PDF Di Macbook
image/macpoin.com
  • Langsung saja Sobat pilih dokumen PDF kedua yang ingin Sobat gabungkan. 
  • Lalu klik Open.
  • Maka secara otomatis file PDF tersebut akan tergabung menjadi satu. Nah, jika sudah Sobat langsung saja simpan file pdf yang telah tergabung itu dengan cara klik File > Export as PDF.
Cara Menggabungkan File PDF Di Macbook
image/macpoin.com

Catatan : Sobat juga dapat dengan mudah menyeret file PDF satu per satu dari Finder ke Previews agar lebih mudah untuk menggabungkan PDF menjadi satu file.

Yup, maka cara menyatukan file pdf di Mac berhasil Sobat lakukan.

Baca Juga : Cara Mudah Kompres File PDF Menjadi Kurang Dari 300 Kb dan cara menyatukan File PDF yang terpisah dengan mudah!.

Cara Kompres PDF 1 MB

Cara Kompres PDF 1 MB

Terkadang ukuran PDF yang buat atau yang kita unduh begitu besar dan dirasa akan membuat memori penuh jika menumpuk file-filenya terlalu banyak.

Sebenarnya Sobat bisa mengompresnya lho hingga ukuran terkecil. Yaitu dengan menggunakan tools yang ada di situs ILovePDF. Untuk cara kompres PDF 1 MB hingga ukuran KB, berikut langkah-langkahnya:

  • Pertama, silakan Sobat buka browser di HP atau melalui PC.
  • Kemudian Sobat bisa buka situs I Love PDF.
  • Setelah itu, pilih tools Kompres PDF di bagian atas. Jika kesulitan, langsung saja masuk melalui link ini > https://www.ilovepdf.com/id/mengompres-pdf.
  • Tap tombol Pilih File PDF berwarna merah. Kalian juga bisa unggah file PDF dari Drive atau Dropbox.
  • Jika sudah, langsung klik kompres atau kecilkan.
  • Download file PDF tersebut untuk menyimpanya.

Catatan : Ukuran file pdf yang telah dikompres akan disesuaikan dengan besarnya ukuran file PDF aslinya. Jadi, tidak semua file PDF akan menjadi 1 MB. Bisa jadi akan lebih kecil atau lebih besar.

Lalu perlu diketahui juga, beberapa gambar HD yang ada di PDF akan diturunkan juga resolusinya sehingga gambar akan semakin tidak tajam.

Cara Kompres PDF Via Kompresor PDF Online

Selain cara kompres PDF melalui I Love PDF, Sobat juag bisa menggunakan salah satu tools andalan yang bisa memperkecil ukuran PDF hingga ukuran yang diinginkan.

Situs ini mengklaim akan memperkecil ukuran PDF tanpa memengaruhi kualitasnya (tapi kami rasa sih tidak mungkin). Nah, ini bisa menjadi solusi jika PDF Sobat di dalamnya banyak gambar atau ilustrasi. Untuk memperkecil ukuran PDF, berikut langkah-langkahnya:

  • Pertama, silakan Sobat buka browser di HP atau melalui Komputer.
  • Kemudian buka situs Kompresor PDF Online, di alamat https://www.freepdfconvert.com/id/kompres-pdf
  • Lalu Sobat tekan tombol merah di tengah, dan upload berkas PDF dari perangkat, atau Google Drive dan DropBox.
  • Kemudian tunggu proses pengunggahan, dan klik kompres atau kecilkan ukuran.
  • Tingga download saja file PDF yang berhasil di kompres.

Situs Kompresor PDF Online ini memiliki tools lainnya yang bisa Sobat manfaatkan. Diantaranya seperti ubah Word Ke PDF, Excel Ke PDF, PowerPoint Ke PDF, JPG Ke PDF, dan lain sebagainya.

Silakan bookmark situs pengompres ini agar Sobat dapat dengan mudah membukanya ketika membutuhkannya sewaktu-waktu.

Cara Memperkecil Ukuran PDF Online

Cara Kompres PDF Via Kompresor PDF Online

Email sendiri tidak mendukung pengiriman berkas PDF yang terlalu besar, dan itu akan membuat kita bingung jika harus diubah lagi. Tentu untuk mengatasi ini, kita bisa gunakan alat kompres online.

Jika Sobat ingin cara kompres PDF sekaligus agar cepat, maka Sobat bisa andalkan situs satu ini.

Yup, situs PDF24 memang sudah sangat terkenal untuk mengurangi ukuran berkas PDF apapun, terutama PDF yang di dalamnya terdapat JPG atau PNG yang memberikan kontribusi besar untuk ukuran.

Untuk cara memperkecil ukuran PDF online dengan PDF24, silakan ikuti langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Pertama, Sobat bisa buka browser di PC atau HP Sobat.
  • Kemudian drag and drop atau seret file-file PDF yang memiliki ukuran besar.
  • Selanjutnya pilih resolusi yang Sobat inginkan.
  • Kemudian klik tombol Compress atau kecilkan, dan tunggu hingga prosesnya selesai.
  • Setelah itu, akan muncul PDF yang telah dikompres beserta informasi tentang ukurannya.
  • Terakhir, tinggal simpan file-file PDF tersebut dengan klik tombol Download.

Dengan situs PDF24 ini, Sobat ga perlu download-download pengompres file PDF. Karena hanya tinggal kunjungi situsnya, dan pilih PDF yang mau dikecilkan ukurannya.

Silakan Sobat bookmark situs ini jika dirasa akan diperlukan kedepannya.

Cara Kompres PDF Hingga 100 KB Dengan Adobe Acrobat

Cara Kompres PDF Hingga 100 KB Dengan Adobe Acrobat

Untuk memperkecil ukuran PDF, kalian juga bisa menggunakan aplikasi pencipta PDF-nya langsung, yaitu Adobe Acrobat. Bagi yang belum tahu, Adoba Acrobat Reader merupakan software untuk membaca, memberi notasi, mencari, verifikasi, dan menandai secara digital serta mencetak data dengan format Portable Document Format atau umum dikenal dengan nama PDF. 

Nah, untuk cara kompres PDF hingga 100 KB dengan Adobe Acrobat, begini langkah-langkahnya:

  1. Buka laman Adobe Acrobat di adobe.com.
  2. Pilih menu “PDF & E-signatures” pada bagian atas.
  3. Lanjutkan dengan pilih menu “Online Tools”.
  4. Pilih opsi untuk “Compress PDF” dengan cara klik “Try Now”.
  5. Klik “Select a File”. Pada opsi set compression level, pilih jenis kompresi sesuai dengan kebutuhan. Ada tiga pilihan medium compression, high compression, dan low compression.
  6. Lanjutkan dengan klik “Compress”. Tunggu sampai compressing selesai dan klik “Download” untuk mengunduh file PDF tersebut.

Fitur Adobe Acrobat

Tentunya aplikasi Adobe Acrobat ini memiliki banyak fitur yang bisa diandalkan untuk mengedit PDF kalian. Beberapa fitur andalan diantaranya sebagai berikut:

  • Highlight ; Fitur Highlight ini memiliki kegunaan untuk mewarnai kata yang dirasa penting dalam dokumen PDF.
  • Sticky Notes; Fitur Sticky Notes fungsinya menambah catatan kecil pada dokumen PDF Sobat.
  • Industry–Leading Security; Fitur ini berfungsi memberikan proteksi perangkat lunak komputer serta data dari kode yang tidak diinginkan menggunakan Protected Mode in Reader.
  • Kualitas PDF Tinggi Pada Perangkat Seluler; Dokumen PDF yang dikirim melalui email sebagai lampiran, ditempatkan pada web atau hanya disimpan pada seluler. Meskipun dengan layar yang kecil tetap berkualitas.
  • Portofolio PDF; Dengan fitur ini, bisa membuka dan melihat konten portofolio PDF, kumpulan dokumen PDF, serta dokumen lainnya seperti gambar, pesan elektronik, lembar kerja dan video.
  • Submisi Formulir Elektronikl; Submisi Formulir Elektronik adalah fitur yang membuat pengguna bisa melakukan pengisian layaknya sebuah formulir cetak. Dengan fitur ini, pengguna bisa mengisi, menyimpan, menandai dan menyerahkan dokumen formulir secara elektronik berdasrkan formulis yang telah diaktifkan Reader dengan Adobe LiveCycle® ES2 or Adobe Acrobat® software.
  • Commenting Tools; Fitur Commenting Tools fungsinya untuk membuat catatan dan memberi umpan balik kepada yang lain dengan menandai PDF menggunakan Sticky Notes dan Highlighter Tools.
  • Teknologi Flash; Teknologi Flash memungkinkan adanya interaksi antar pengguna pemilik konten media yang dibuat dengan Adobe Flash® technology.
  • Akses ke Seluruh Data PDF; Dengan fitur ini bisa melihat data PDF yang terdiri dari beragam tipe konten yang sangat luas seperti gambar, video dan data multimedia lainnya.
  • Tools Operasi; Dengan fitur ini, akan mengatur operasi Reader menggunakan Adobe Customization Wizard, IBM Tivoli, Microsoft System Centre Configuration Manager (SCCM), Microsoft System Center Updates Publisher (SCUP) dan Windows Group Policy Object.
  • Standar Keamanan; Adobe Reader dibekali JavaScript sebagai standar keamanannya.
  • Layanan Online; Fitur ini memungkinkan tiap pengguna dapat mengakses layanan online di Acrobat.com secara langsung dari Reader X, menampilkan hal umum seperti cara membuat data PDF, berbagi dokumen secara aman dan berbagi layar Reader.

Sebenarnya masih banyak fitur lainnya yang bisa kalian dapatkan. Silakan pasang aplikasi ini di komputer maupun ponsel Android atau iPhone kalian.

Untuk download aplikasi ini, kalian bisa unduh melalui situs resminya. Karena menawarkan fitur yang powerful, maka tak heran aplikasi ini berbayar seharga $19.72.

Akhir Kata

Demikian cara menyatukan file pdf dengan mudah melalui Android, iPhone, Laptop Windows atau Macbook yang bisa kalian coba secara offline dan online dan cara kompres pdf online. Cara-cara diatas sangat mudah dilakukan bukan? Semoga artikel ini dapat membantu! 🙂

Jangan lupa bagikan artikel ini agar lebih banyak yang tahu.

FAQ

Bagaimana Cara Menggabungkan File PDF Agar Tidak Berantakan?

Kalian bisa menggun akan tools converter online seperti Small PDF, atau gunakan aplikasi seperti Foxit PDF editor untuk merapihkan PDF.

Apakah Ada Cara Menyatukan File di MAC?

Sobat bisa menggunakan fitur bawaan, yaitu preview tanpa harus menggunakan aplikasi tambahan.

Cara Nyatuin File PDF Di HP Bagaimana?

Dengan menggunakan aplikasi Merge PDF, dan Small PDF kalian bisa menggabung beberapa file PDF dalam satu fiile pdf saja.

Adakah Cara Menggabungkan File PDF Offline?

Kalian bisa menggunakan aplikasi seperti Foxit reader.

Bagaimana Cara Kompres PDF?

Kalian dapat memanfaatkan situs kompres online seperti Small PDF, atau ILovePDF. Selain itu juga Sobat bisa menggunakan aplikasi Adobe Acrobat.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *