Jenis-jenis Layar HP yang Ada Saat Ini

layar hp

Jenis-jenis layar HPyang ada saat ini memiliki tingkat ketahanan dan kualitas yang berbeda. Sebelum memilih salah satunya, sangat disarankan mengetahui apa saja jenisnya. Tujuannya supaya bisa menentukan mana paling cocok dengan konsentrasi penggunaan setiap hari.

Semakin bagus kualitas layar maka daya tahannya akan semakin kuat dan tidak mudah rusak meskipun jatuh pada batas tertentu. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengetahui jenis-jenis layar HP yang ada saat ini beserta kualitasnya.

Inilah Jenis-jenis Layar HP yang Ada Saat Ini

layar

Layar HP merupakan komponen penting yang sebaiknya perlu diperhatikan kualitasnya. Saat ini jenis-jenis layar HP cukup bervariasi dan memiliki daya tahan yang berbeda-beda. Penasaran apa saja itu? di bawah ini penjelasannya:

1. E4 Dynamic AMOLED

Pada dasarnya E4 Dynamic AMOLED hampir sama dengan panel layar Dynamic AMOLED. Hal menarik dari jenis ini adalah konsumsi dayanya lebih rendah sekitar 15% daripada Dynamic AMOLED. Jadi Anda dapat membuat ponsel bertahan lebih lama saat beraktivitas.

HP yang disematkan dengan jenis layar tersebut yaitu POCO F3. Kualitasnya terbilang bagus,  terlebih didukung dengan konsumsi daya yang tidak begitu banyak. Cocok dipilih untuk orang yang sering melakukan perjalanan jauh, baik traveling atau tujuan bisnis.

2. Retina Display

Para pengguna Android tidak bisa menikmati layar Retina Display karena dibuat khusus untuk HP iPhone. Keunggulan layar ini terletak pada tingkat kerapatan pikselnya yang tergolong tinggi. Sehingga, piksel tersebut tidak akan terlihat terpisah saat pengguna memandang layar ponsel.

Kualitas layar Retina Display bisa dikatakan sama dengan OLED. Karena termasuk keluaran lama, Anda akan menemukan jenis satu ini pada iPhone keluaran sebelum tahun 2022. Meskipun begitu, kualitas gambarnya terbilang sudah bagus.

3. Dynamic AMOLED

Anda bisa menemukan layar Dynamic AMOLED pada ponsel Samsung tipe menengah. Jangan khawatir mengenai kualitasnya, karena cukup mendukung kegiatan masyarakat modern yang begitu tinggi.

Model Dynamic AMOLED sudah didukung dengan fitur HDR10+. Lalu apa itu HDR10? fitur itu memiliki fungsi untuk meningkatkan kontras dan menampilkan gambar dengan detail tinggi meskipun hambar dilihat pada ruangan minim cahaya.

Diperkirakan Dynamic AMOLED diterapkan pada Samsung Galaxy S10 seri. Berkat teknologi yang disematkan di dalamnya, warna menjadi berkualitas dengan kontras yang tinggi.

4. Super AMOLED

Di antara jenis-jenis layar HP yang ada saat ini adalah Super AMOLED. Jenis layar yang satu ini merupakan hasil pengembangan dari jenis layar sebelumnya. Salah satu alasan mengapa harganya mahal dikarenakan lapisan layar sentuh dan panel layar disatukan.

Kelebihan yang ditawarkannya adalah tingkat presisi layar sentuhnya baik. Saat ditekan, layar akan langsung merespon dan menjalankan perintah dari penggunanya. HP dengan layar Super AMOLED saat ini bukan hanya dari Samsung saja melainkan Vivo juga.

Menyinggung soal harga, layar Super AMOLED merupakan jenis paling tinggi yang ada saat ini. Mahal atau murahnya tergantung dari komponen penyusun tambahannya. Tidak jarang juga fitur-fiturnya juga membuat harganya tinggi.

5. AMOLED

Istilah AMOLED merupakan kepanjangan dari Active Matrix Organic Light Emitting Diode. AMOLED merupakan sebuah teknologi layar yang dikembangkan oleh salah satu perusahaan teknologi yaitu Samsung.

Meski dikembangkan oleh Samsung, layar yang dikembangkan pada tahun 2008 ini disematkan pertama kali pada Nokia C6-01 dan Nokia 85. Sedangkan di era perkembangan smartphone, AMOLED disematkan pada HP menengah atas seperti Motorola Moto X.

Sebagai jenis layar yang masuk ke dalam deretan layar premium, Anda perlu mengeluarkan biaya lebih jika ingin mencari perangkat dengan layar AMOLED.

6. OLED

Bukan hanya sekedar nama, OLED adalah kepanjangan dari Organic Light-emitting Diode. Berbeda dengan jenis LCD, layar OLED disusun atas lapisan-lapisan tipis electroluminescent. Lapisan tersebut dapat menghasilkan cahaya ketika dialiri arus listrik.

Berkat adanya lapisan electroluminescent,layar menjadi bercahaya sendiri pada waktu-waktu tertentu. Pengguna menjadi cukup diuntungkan karena bisa menghemat daya secara signifikan terutama ketika berada di luar ruangan.

Apabila penasaran dengan HP yang menggunakan OLED, Anda bisa coba mengoperasikan LG V series. Perhatikan bagaimana perbedaannya dengan jenis layar lainnya. Pastikan tidak salah pilih untuk memaksimalkan pengalaman saat menggunakan HP.

7. PLS TFT

Banyak orang berpendapat jika jenis layar PLS TFT kualitasnya buruk. Kebanyakan dari mereka ragu saat akan membeli HP dengan layar tersebut. Padahal kualitasnya sudah setara IPS LCD yang sudah mendukung kegiatan sehari-hari dari ringan sampai sedang.

Perlu diketahui, perusahaan pengembang PLS TFT bukan perusahaan sembarangan. Samsung merupakan vendor HP ternama di dunia yang diketahui sebagai pengembang jenis layar ini. Jika dilihat dari spesifikasi serta karakteristiknya memang hampir mirip dengan IPS LCD.

Apabila ingin mencari HP dengan harga ramah di kantong, penggunaan layar PLS TFT dapat dipertimbangkan. Sebenarnya pengembangannya juga belum terlalu lama, sekitar tahun 2011 lalu.

8. IPS LCD

Sebagian besar HP yang menggunakan layar IPS LCD adalah keluaran terbaru. Tidak hanya diterapkan pada perangkat dengan harga mahal, namun juga untuk perangkat menengah ke bawah meski secara kualitas sedikit berbeda.

Guna memenuhi kebutuhan masyarakat modern, fitur serta kemampuannya terus dikembangkan. Bagi yang belum tahu, IPS adalah kepanjangan dari In-Plane Switching. Keunggulan yang ditawarkannya berupa tampilan layar tidak berubah buram meski lama digunakan.

Sudut pandang yang ditampilkannya baik. Dengan begitu, ketika Anda memandang HP dari samping tetap dapat melihat tampilan pada layar secara jelas. Selain itu, IPS LCD tidak terlalu menguras daya baterai.

9. TN TFT LCD

Seiring berjalannya waktu, LCD terus dikembangkan yang salah satu hasil pengembangannya adalah TN TFT. Istilah itu untuk menunjukkan teknologi yang digunakan yakni Thin Film Transistor atau Transistor Film Tipis.

Layar TN-TFT populer digunakan pada perangkat yang menjadikan LCD sebagai layarnya. Kabar baik untuk Anda yang ingin membeli HP dengan layar terkait, harganya termasuk masih terjangkau tetapi menawarkan banyak keunggulan.

Berdasarkan informasi, pengguna layar TN-TFT adalah HP dengan harga terjangkau. Meskipun begitu, kualitasnya masih tergolong mendukung penggunaan HP pada konsentrasi tinggi.

10. LCD

Kepanjangan dari LCD adalah Liquid Crystal Display. Layar ini merupakan tipe paling dasar. Banyak sekali HP dengan jenis layar LCD baik harga mahal maupun murah, tergantung dari detail spesifikasinya.

Keunggulan utama yang diberikannya adalah layarnya memiliki backlight. Kemampuannya mampu membuat tampilan layar tidak berubah terlalu gelap meskipun sedang berada di lokasi maksimal cahaya.

Jadi Anda tetap dapat membalas chat penting dari atasan atau keluarga ketika berada di luar ruangan. Hanya saja, tingkat akurasi warnanya kurang bagus. Oleh karena itu, produk asli dengan produk yang ada di foto bisa saja memiliki warna yang berbeda.

Baca juga: Mengenal WiFi dan Jenis-Jenis yang Sering Digunakan di HP

Itulah daftar jenis-jenis layar HPyang berkembang dan masih digunakan hingga kini. Setiap dari layar tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan sebagaimana yang telah disebutkan di atas.

Feedback: Jika ada informasi yang keliru silahkan sampaikan melalui halaman Kontak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *