AndroidPonsel.com – Realme secara resmi meluncurkan Realme C3 untuk pasar India. Walaupun baru tersedia di negara tersebut, ada kemungkinan ponsel ini dalam waktu dekat akan tiba di tanah air. Untuk yang penasaran, apa saja sih peningkatan Realme C3  dari pendahulunya yaitu Realme C2? Berikut adalah rangkuman spesifikasi yang kami dapatkan.

Realme C3 hadir dengan Layar Lebih Luas Dibandingkan dengan C2

Realme C3 65 inci
Realme C3 65 inci

Soal desain, Realme C3 masih memiliki tampilan layar yang sama seperti C2, yaitu datang dengan takik waterdrop notch yang menjadi tempat kamera depan disematkan. Untuk panelnya, ponsel masih menggunakan tipe yang sama yakni IPS LCD namun dengan ukuran yang lebih besar. Realme C3 mendapatkan ukuran layar 6,5 inci sedangkan C2 sebesar 6,1 inci. Selain itu C3 masih menggunakan perlindungan dari Corning Gorilla Glass versi 3.

Realme C3 Datang dengan Performa Lebih Kuat

Realme C3 dengan Helio G70
Realme C3 dengan Helio G70

Selain datang dengan layar yang lebih luas, Realme C3 dibekali dengan chip SoC yang lebih kuat yaitu chipset yang belum lama ini dirilis Mediatek, yaitu Helio G70. SoC ini pada dasarkan sama seperti Helio G90 namun lebih rendah yang didedikasikan untuk ponsel gaming dengan harga yang terjangkau. Chipset ini sudah mendukung teknologi MediaTek HyperEngine yang akan meningkatkan kinerja ponsel untuk bermain game. Chipset tersebut disandingkan dengan pilihan RAM 3GB atau 4GB LPDDR4X dan pilihan penyimpanan internal 32GB atau 64GB yang masih dapat diperluas.

Sebagai informais, Realme C2 menggunakan chipset MediaTek Helio P22 yang tentu saja soal kinerja C3 datang dengan peningkatan yang cukup baik.

Baca juga: Harga 4 Jutaan, Inilah Perbedaan Spesifikasi Samsung Galaxy A51 vs Realme XT

Perbandingan Kamera Realme C3 vs Realme C2

Ada yang sedikit aneh disini, berdasarkan spesifikasi yang kami dapatkan di halaman GSM Arena, Realme C3 hadir dengan sensor kamera utama dengan sensor yang lebih kecil dibandingkan dengan Realme C2. Untuk itu Anda dapat melihatnya dalam perbandingan kamera di bawah ini;

Kamera Utama Realme C3 :

  • 12 MP, f/1.8, 28mm (wide), 1/2.8″, 1.25µm, PDAF
  • 2 MP, f/2.4, 1.75µm, depth sensor

Kamera Utama Realme C2

  • 13 MP, f/2.2, 1/3.1″, 1.12µm, PDAF
  • 2 MP, f/2.4, 1.75µm, depth sensor

Realme C3 hanya mendapatkan sensor utama sebesar 12MP sedangkan C2 mendapatkan 13MP. Besaran sensor pada C3 mengalami penurunan, namun dilihat dari bukaan lensa, Realme C3 datang dibekali dengan lensa wide 28mm dan ini adalah suatu perubahan yang cukup baik. Sementara sensor sekunder terlihat masih sama 2MP sebagai sensor kedalaman yang memudahkan pengguna mendapatkan objek dengan latar belakang blur dengan mudah.

Realme C3 juga mendapatkan lensa wide untuk kamera depannya dengan sensor 5MP berukuran 28mm.

Realme C3 Datang dengan Kapasitas Baterai lebih Besar dari Realme C2

Realme C3 5000 mAh
Realme C3 5000 mAh

Selain terdapat peningkatan dari sisi layar dan chip prosesor. C3 juga hadir dengan kapasitas baterai yang lebih luas. Ponsel ini hadir dengan baterai 5.000 mAh yang juga sudah dibekali dengan pengisian cepat berdaya 10W. Peningkatan yang cukup baik mengingat Realme C2 hanya mendapatkan kapasitas 4.000 mAh dengan pengisian baterai standar.

Selain itu C3 hadir sudah mengemas OS Android 10 terbaru yang sudah dibalut dengan antaramuka Relame UI 1.0 yang tentunya sudah membawa banyak fitur dari Android 10.

Bagaimana Pendapat Anda?

Saat ini Realme C3 baru resmi hadir di India, sampai saat berita ini kami muat belum ada informasi resmi kapan Relame C3 hadir di tanah air. C3 baru akan resmi dijual pada 14 Februari dengan harga INR 6.999 atau sekitar Rp 1,3 jutaan untuk RAM 3/32GB. Sedangkan opsi RAM 4/64GB dibandrol dengan harga INR 7.999 atau sekitar 1,5 jutaan. Ponsel hanya hadir dalam dua varian warna, yaitu Belzing Red dan Frozen Blue.

Jika kami sudah mendapatkan informasi terkait keberadaan smartphone ini di Indonesia, tentu saja kami akan langsung memberikan update tebaru untuk Anda. Untuk itu ikuti kami melalui laman Twitter @androidponsel_ atau melalui Google News untuk mendapatkan informasi terbaru secara cepat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here