Travelling

Masjid Kubah Emas: Wisata Spiritual Mengagumkan di Depok

140
×

Masjid Kubah Emas: Wisata Spiritual Mengagumkan di Depok

Sebarkan artikel ini
Masjid kubah mas depok
image via Instagram/famabareal https://www.instagram.com/p/CkFcZ_Yp50g/?hl=en

Hei Sobat Traveler, memasuki bulan suci penuh berkah, kita dihadapkan pada peluang istimewa untuk merenung dan berdoa. Tapi, hey, siapa bilang kita tidak bisa menikmati keindahan sekaligus meraih hikmah spiritual di waktu yang sama? Yuk, ajak keluarga tercinta berwisata religi ke Masjid Dian Al Mahri atau yang kita kenal dengan Masjid Kubah Emas. Kok bisa? Mari kita bahas lebih lanjut.

Ikon Megah Kota Depok: Masjid Kubah Emas

Berlokasi di Jalan Raya Meruyung, Limo, Depok, Masjid Kubah Emas menjadi simbol kemegahan. Dibangun di atas lahan seluas 50 hektar, masjid ini merupakan salah satu terbesar se-Asia Tenggara. Bangunan yang dibangun oleh Hj. Dian Djuriah Maimun Al Rasyid pada tahun 2001 ini dibuka untuk umum pada 31 Desember 2006. Eits, tunggu dulu, jangan kira cuma itu saja. Sobat, lima kubah di masjid ini berlapis emas murni 22 karat lho. Angka 5 itu sendiri melambangkan Rukun Iman. Keren, bukan?

Keindahan yang Sarat Makna

Tak hanya kubah, beberapa sudut di masjid ini juga dilapisi emas. Relief hiasan di atas tempat imam salat, pagar di lantai dua, hiasan kaligrafi di langit-langit masjid, hingga lampu gantung di area utama masjid, semuanya menghadirkan sentuhan keemasan. Jika Sobat sudah terkesima dengan keindahan eksteriornya, tunggu sampai Sobat memasuki interiornya.

Petualangan Wisata di Luar Depok

Lokasinya mungkin sedikit jauh dari pusat Kota Depok, tetapi percayalah, perjalanan menuju sana pasti sepadan. Sobat bisa menggunakan commuter line dan turun di Stasiun Depok Baru, dilanjutkan dengan ojek atau taksi online. Atau jika Sobat datang dari arah Jakarta menggunakan kendaraan pribadi, tinggal meluncur ke tol Depok-Antasari dan keluar di Krukut.

Kehidupan dalam Kehangatan dan Kemegahan

Saat memasuki masjid, Sobat akan disambut dengan suasana hangat dan penuh kedamaian. Desain interior masjid yang didominasi corak monokrom dengan sentuhan krem memberikan nuansa teduh dan hangat. Sedangkan lampu gantung berbobot 2,7 ton di tengah langit-langit ruangan menjadi daya tarik utama. Jangan lupa juga, Sobat diharapkan berpakaian sopan dan menutup aurat selama berada di sini.

Wisata Keluarga dengan Fasilitas Lengkap

Guys, Masjid Kubah Emas bukanlah sekedar tempat ibadah yang menyejukkan hati saja, tapi juga lokasi yang menyuguhkan berbagai fasilitas lengkap. Ideal banget sebagai tujuan wisata keluarga!

Dengan taman hijau yang luas dan asri, Sobat bisa menikmati suasana segar sambil berjalan-jalan atau bersantai bersama buah hati. Taman ini pun ditanami dengan berbagai jenis pohon, termasuk palem dan mangga yang menambah keasrian suasana. Sebuah oase hijau di tengah kota!

Pengunjung yang membutuhkan tempat untuk membersihkan diri atau shalat dapat memanfaatkan tempat wudhu dan toilet yang tersedia. Semua fasilitas ini dijaga kebersihannya, jadi Sobat tak perlu khawatir.

Lapar? Atau hanya ingin ngemil sejenak? Ada kafetaria yang menyajikan aneka minuman dan makanan ringan. Di samping itu, Sobat juga bisa mampir ke toko pernak-pernik yang menjual berbagai barang keagamaan, oleh-oleh, dan suvenir.

Dan jangan khawatir soal parkir, karena masjid ini memiliki lahan parkir yang cukup luas untuk menampung kendaraan Sobat. Keamanan area parkir juga terjaga dengan baik.

Anak-anak juga dipersilakan menikmati keindahan masjid. Meski mereka tidak diperbolehkan masuk ke area salat, area luar masjid memberikan banyak ruang untuk mereka bermain sambil belajar menghargai keindahan arsitektur dan nilai-nilai keagamaan.

Jadi, Masjid Kubah Emas tidak hanya menjadi tempat beribadah, tapi juga destinasi wisata keluarga yang lengkap dan menyenangkan. Pastikan Sobat menambahkan tempat ini ke dalam daftar kunjungan Sobat!

Dengan tiket masuk hanya Rp15.000, Sobat bisa mengunjungi salah satu destinasi wisata religi yang apik selama Ramadan. Gimana, Sobat, sudah tidak sabar ingin ke sana? Mari kita sambut bulan suci dengan semangat baru, dan nikmati indahnya wisata religi di Masjid Kubah Emas.

Wisata Depok Lainnya:

Cara Menuju Masjid Kubah Mas

Berada di Jalan Raya Meruyung, Limo, Depok, Masjid Kubah Emas bisa Sobat capai melalui beberapa rute berikut ini:

  1. Menggunakan Kendaraan Pribadi:
  • Jika Sobat datang dari arah Jakarta, Sobat bisa langsung menuju ke tol Depok-Antasari dan keluar di Krukut. Setelah itu, ikuti petunjuk jalan yang ada untuk menuju Masjid Kubah Emas.
  • Jika Sobat datang dari arah Bogor, Sobat bisa menggunakan jalur Jalan Raya Jakarta-Bogor atau gunakan tol Cinere-Jagorawi dan keluar di Cisalak. Kemudian ikuti petunjuk jalan menuju Masjid Kubah Emas.
  1. Menggunakan Commuter Line dan Transportasi Online atau Ojek:
  • Sobat bisa menggunakan Commuter Line (KRL) dan turun di Stasiun Depok Baru. Dari sana, Sobat bisa menggunakan transportasi online atau ojek untuk menuju ke masjid dengan menempuh jarak sekitar 9 kilometer.

Menggunakan kendaraan umum tentunya lebih ramah lingkungan dan dapat membantu mengurangi kemacetan. Jadi, jika Sobat memiliki pilihan, pertimbangkan untuk menggunakan transportasi umum.

Dan satu lagi, guys, ingatlah selalu untuk mematuhi aturan lalu lintas dan mengemudi dengan aman! Happy traveling, Sobat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *