Cara Cepat Memperbesar Resolusi Foto Secara Online dengan Mudah

CAra Memperbesar Resolusi Foto

Foto yang sobat miliki blur atau resolusinya kurang bagus? Pasti Sobat sedang mencari cara mempertajam atau memperbesar resolusi foto yang sobat miliki ya? Nah artikel ini pas banget untuk disimak, karena kami akan mengulas cara memperbesar dan menaikan resolusi foto secara online dengan mudah.

Jaman sekarang Foto sudah menjadi aset digital yang begitu penting dalam hidup kita, Karena foto biasanya menyimpan kenangan yang berharga atau momen-momen penting yang gak bakalan terulang. Terkadang terdapat beberapa permasalahan, salah satunya hasil jepretan foto yang dimana hasilnya kurang baik atau blur atau juga kurang jelas karena saat pengambilan gambar. Bisa saja terjadi karena tidak fokus saat jepret atau juga karena resolusi kameranya kurang bagus. Padahal itu foto yang tidak bisa diulang momennya, tentu itu akan sangat disayangkan.

Tapi sobat jangan khawatir! Karena jaman sekarang sudah canggih, ‘apapun’ bisa dilakukan dengan teknologi. Yup! Salah satunya ini, yaitu memperbesar resolusi gambar secara online!

Penasaran bagaimana caranya? Langsung saja yuk simak hingga tuntas!

Cara Memperbesar Resolusi Foto Secara Online

Menggunakan waifu2x.udp.jp

memperbesar resolusi foto online
cara menaikan resolusi foto menggunakan waifu2x

Cara pertama untuk memperbesar resolusi foto yaitu dengan menggunakan Waifu2x. Meski namanya unik dan identik dengan dunia jepang atau anime, sebenarnya bukan itu lho isi dan fungsi di dalamnya! Waifu2x sendiri merupakan website yang dapat membantu sobat untuk memperbesar ukuran resolusi foto. Nah bagaimana caranya?

  • Cara pertama, silahkan siapkan browser sobat. bisa chrome atau yang lainnya.
  • Jika sudah, silahkan kunjungu situs waifu2x.booru.pics pada kolom pencarian atau bisa juga klik Waifu2x http://waifu2x.udp.jp/
  • Nantinya sobat akan masuk di halaman depan. Silahkan sobat pilih “Choose File” untuk memilih foto yang ingin sobat edit.
  • Selanjutnya, disini sobat bisa melakukan kustomisasi atau menyetting terlebih dahulu untuk meningkatkan kualitas gambar.
  • Tips dari kami, pada pilihan “Noise Reduction”, Sobat bisa pilih opsi “High” untuk mendapatkan kualitas foto yang paling baik.
  • Jika sudah, pada pilihan “Scale”, sobat bisa memilih “None” atau 2x. Terserah sobat. Menurut kami dengan memilih “2x”, gambar akan semakin baik.
  • Verifikasi I’m not a robot untuk bisa terus lanjut.
  • Jika sekiranya sudah, sobat bisa pilih tombol Waifu2x yang terletak di bawah untuk mengkonfimasi penyelesaian gambar yang sudah sobat settings.

Disini sobat harus menunggu proses hingga selesai ya!

  • Jika sudah selesai, sobat bisa memilih format PNG atau JPG untuk menyimpannya. Nah tips dari kami, silahkan sobat Untuk memilih PNG, karena PNG memiliki kualitas gambar yang lebih baik dan tidak mudah pecah dibanding JPG.
  • Terakhir, sobat bisa download untuk menyimpan gambarnya.
  • Selesai!

Baca Juga : Cara Ubah Ukuran Foto 3×4 secara online

Menggunakan resizeimage.net

memperbesar resolusi foto online
Tools cara menaikan resolusi foto menggunakan resizeimage

Cara selanjutnya yaitu menggunakan resizeimage.net. sobat bisa menggunakan situs web ini untuk memperbesar atau mempertajam resolusi foto. Penasaran bagaimana caranya?

  • Pertama, seperti biasa silahkan sobat siapkan browser sobat.
  • Jika sudah, sobat bisa buka resizeimage.net.
  • Nantinya sobat akan masuk ke halaman utama, disana sobat bisa  pilih Upload an image untuk memilih foto mana yang ingin diedit. 
  • Jika upload foto sobat, nantinya akan terdapat beberapa opsi untuk mengatur editan sobat.

Disini terdapat beberapa menu yang bisa sobat atur. Kami bisa berikan tipsnya, antara lain:

– Pada opsi “Crop your image”, terdapat selection type, silahkan sobat pilih Normal.

– lalu pada opsi “Rotate your image”, disini sobat bisa diamkan saja.

– selanjutnya pada opsi “Resize your image”, sobat bisa geser ke kanan untuk memperbesar ukuran gambar. Centang Auto mode dan Keep Aspect Ratio (optional).

– jika sudah, nantinya pada opsi “Select Output image format” sobat Pilih JPG, atau yang lainnya juga bisa

– Pada opsi “Optimize your image”, silahkan sobat centang atau ceklis Best image quality untuk bisa mendapatkan kualitas gambar terbaik.

  • Jika settingan sobat sudah selesai semua, sobat bisa pilih tombol “Resize Image” untuk mengkonfirmasi bahwa sobat sudah selesai dan siap di cetak.
cara memperbesar resolusi foto online
  • Tinggal tunggu deh hingga proses selesai!

Menggunakan “ILoveIMG”

memperbesar resolusi foto online

Selain itu, cara untuk memperbesar resolusi gambar secara online yaitu menggunakan ILoveIMG. Aoa itu ILoveIMG? Itu adalah sebuah situs web gratis yang dapat membantu orang dengan berbagai fitur yang ditawarkan, seperti memperbesar resolusi sebuah foto.

Selain digunakan untuk memperbesar resplusi gambar, situs ini juga dapat digunakan untuk convert JPG, Compress, Crop, dan lainnya lho! Keren ya? Bagaimana caranya?

  • Pertama, siapkan laptop atau hp sobat. Lalu buka browser misal chrome atau mozilla.
  • Jika sudah, silahkan sobat buka situs ILoveIMG. Atau sobat bisa kunjungi di sini.
  • Selanjutnya akan muncul halaman depan ILoveIMG, nah pada halaman depan, silahkan sobat pilih “Select Images” dan pilih foto yang ingin sobat baguskan resolusinya.
  • Nantinya akan keluar settingan yang bisa sobat utak-atik sendiri, nah sobat bisa mengatur Width (lebar) dan Height (tinggi) sesuai dengan kebutuhan sobat.
  • Terakhir, silahkan sobat pilih Download Resized Images untuk menyimpan hasil yang sudah sobat besarkan resolusinya tadi. Selesai!

Baca Juga : Cara Cepat Edit Background Foto

Menggunakan Let’s Enhance.io

cara menaikan resolusi foto
cara menaikan resolusi foto menggunakan ehance.io

Cara terakhir yang bisa kami berikan untuk sobat dalam memperbesar atau mempertajam resolusi foto adalah dengan menggunakan web Lets Enhance.io

Bagaimana caranya?

  • Pertama, silahkan buka browser sobat. jika sudah silahkanBuka website Let’s Enhance.io atau bisa klik langsung tulisan tersebut.
  • Nantinya sobat akan masuk ke halaman awal yang terdapat form login. Nah untuk dapat memasukinya silahkan sobat login terlebih dahulu, sobat bisa gunakan akun google atau facebook, terserah saja.
cara memperbesar resolusi foto online
  • Jika sudah, nantinya sobat akan masuk ke halaman awal untuk mengupload foto. Silahkan “Click here to upload image” untuk memilih gambar atau foto yang ingin sobat besarkan resolusinya.
  • Selanjutnya, terdapat menu Upscalling dan Enhancement. Nah disini silahkan sobat pilih opsi “Photos and Art” pada menu Upscalling.
cara memperbesar resolusi foto online
  • Jika sudah, silahkan sobat pilih “Advance settings” untuk memilih ukuran yang sobat inginkan.
  • Setelah memilih, sobat harus klik “Start Processing” untuk memulai proses memperbesar gambar.
  • Perlu sobat ketahui, sobat diwajibkan untuk membuat akun gratis sebelum menggunakan fitur website ini. Pengguna gratis hanya dapat memperbesar gambar di website ini sebanyak 5 kali lho!
  • Tunggu hingga proses selesai! Dan jangan lupa untuk download gambarnya!

Sebelum mengakhiri, sebaiknya sobat perlu ketahui dahulu kelebihan serta kekurangan dari cara-cara diatas yang mana untuk memperbesar resolusi foto.

Kelebihan :

1.     Proses cukup mudah

2.     Tidak memakan waktu banyak

3.     Beberapa fitur dapat dinikmati gratis

4.     Hasil foto yang cukup baik

5.     Tidak perlu mendownload aplikasi.

Kekurangan :

1.     Terdapat fitur berbayar

2.     Harus memiliki koneksi internet

3.     Tidak terdapat histori foto yang kita edit

4.     Terkadang pewarnaan pada hasil foto kurang tepat. Ya wajar saja, karena prosesnya saja otomatis dan cepat.

Nah kira-kira seperti itu, silahkan deh sobat coba sendiri! Terima kasih telah menyimak, semoga berhasil ya sobat! ?

Follow Instagram @AndroidPonselCom


Info tech paling update! Ikuti kami di WhatsApp Channel & Google News, Jadilah bagian komunitas kami!

Respon (1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Dapatkan Informasi Lebih cepat!

X
Mau selalu update? Aktifkan Notifikasi sekarang juga! OK No thanks