Seperti Apa Desain Situs Web pada Tahun 1999? Lihat Di sini Bagaimana Google, Apple dan Amazon Memiliki Tampilan Halaman

  • Whatsapp
Desain web 90an

AndroidPonsel.com – Internet memiliki sejarah yang cukup lampau, dimulai dari tahun 1969 dikembangkan melalui proyek lembaga ARPA yang mengembangkan jaringan bernama ARPANET. Awal mula dibuat proyek tersebut bertujuan untuk keperluan militer.

Di tahun 1999 Internet di gunakan secara luas di seluruh dunia, tentu saja pada saat itu Word Wide Web masih sangat kaku dan sangat lambat. Selain itu desain web nampak sama, karena pada saat itu sebagian besar desainer web hanya mempunyai pengalaman membuat desain cetak, berbanding terbalik pada jaman sekarang desain web sudah sangat berpariasi menunjukan eksistensi dan menjadikan suatu cirikhas tersendiri.

Bacaan Lainnya

Jika Sobat penasaran bagaimana tampilan desain situs web terkenal di tahun 90an , Sobat bisa melihatnya langsung dikoleksi web design museum yang dimiliki oleh Petr Kovář. Di situsnya terdapat banyak koleksi mensin pencari dari tahun 90-an dan tentunya ada yang kita tidak pernah mengetahuinya.

Selain itu ada cara lain untuk melihat desain website di tahun-tahun tertentu, yaitu menggunakan website arsip internet di alamat archive.org. Sobat bisa setting sendiri tahun dan tanggal berapa desain dan tampilan website yang ingin kalian lihat.

Kalau Sobat masih penasaran wajah-wajah website di tahun 90-an, berikut kami hadirkan koleksi dari Kovar, dan juga beberapa dari Wayback Machine yang dicari oleh Mashabel,

blank
Gambar : webdesignmuseum.org

Pernah mendengar mesin pencari AltaVista? Mungkin generasi TikTok sekarang ini belum pernah mengetahui situs pencari ini ya. Sejarah singkatnya, perusahaan ini didirikan pada tahun 1995, kemudian dibeli oleh Yahoo pada tahun 2003 dan di tahun 2013 harus ditutup.

blank
Gambar : webdesignmuseum.org

Pada tahun 1999 Amazon telah berkembang menjadi toko online, ditahun tersebut nampak desain web dari Amazon dipenuhi dengan hyperlink biru. Tentu saja sekarang semua berbeda, tampilan lebih keren dan tentunya diciptakan untuk mempermudah penggunanya.

blank
Gambar : Arsip Internet

di tahun 1999, AOL hadir dengan desain kolom vertikal, sekarang mereka sudah memenuhi berandanya dengan banyak gambar dan berita-berita menarik.

desain web apple 90an
Gambar : webdesignmuseum.org

Jika Sobat penggemar produk Apple, tentu saja kalian harus tahu desain web Apple di tahun 1999 ini. Coba kalian bandingkan dengan desain jaman sekarang, tentu saja memang tidak untuk dibandingkan ya karena beda jaman dan beda teknologi.

desain web ask 90an
Gambar : webdesignmuseum.org

ASK didirikan pada 1996 oleh Ask Jeeves, dan sekarang ini sudah disebut dengan ask.com yang tentu dengan tampilan baru yang modern.

desain web dogpile 90an

Pernah mendengar mesin pencari Dogpile? Kalau belum pernah mendengarnya, berikut sejarah singkat dari mesin pencari ini.

Dogpile adalah mesin metasearch untuk informasi di World Wide Web yang didirikan pada tahun 1996, layanan ini tidak bekerja sendiri, namun mengambil hasil dari Google , Yahoo! , Yandex , Bing , dan mesin pencari populer lainnya, termasuk dari penyedia konten audio dan video seperti Yahoo !.

Nah kalau sudah mengetahuinya, Sobat bisa langsung melihatnya di dogpile.com dan bandingkan desain webnya di tahun 90an dan sekarang.

desain web 90an

Kalau Ebay, tentu kalian sudah mengetahuinya bukan? Nah ini adalah tampilan desain website Ebay di usianya yang baru 4 tahun. Bagaimana menurut kalian dengan desainnya?

desain web google 90an
Gambar : webdesignmuseum.org

Kalau dihitung-hitung berapa kali sehari Sobat menggunakan layanan pencarian Google? Nah nih desain web Google di tahun 90an tepatnya di 1999, tampak tak ada bedanya ya? hmm Google nampaknya tetap konsisten menghadirkan beranda tersebut untuk kita semua.

desain web 90an
Gambar : Arsip Internet
desain web 90an
Gambar : webdesignmuseum.org

dan Dua terkahir ini adalah desain web MSN dan Yahoo GeoCity. Kalau belum tahu apa sih Yahoo GeoCity, ini adalah forum Geocities yang dibeli oleh Yahoo di tahun 1999. Situs komunitas ini pernah menjadi situs web ketiga paling banyak dikunjungi, pada jamannya ya.

Jika kalian ingin mengetahui sejarah dari masing-masing website, kalian wajib banget mencarinya di wikipedia, sejarah internet juga bisa Sobat baca untuk memperdalam pengetahuan.

Pos terkait

Tinggalkan komentar di sini