10 Rekomendasi Laptop Terbaik Untuk Editing Video

laptop terbaik editing video

Jika Sobat ingin menjadi seorang editor video profesional tentu sobat harus punya perangkat penunjang hal tersebut, salah satunya adalah dengan menggunakan Laptop Terbaik untuk editing video.

Laptop yang bisa digunakan untuk melakukan editing video tentu harus memiliki spesifikasi yang mumpuni, karena proses editing video melibatkan rendering yang membutuhkan kinerja prosesor dan GPU tentu sobat harus mempertimbangkan penggunaan chip prosesor sebelum membelinya.

Rekomendasi Laptop Terbaik Untuk Editing Video

Untuk itu kami akan suguhkan beberapa rekomendasi Laptop yang bisa diandalkan untuk melakukan editing video, dan tentu saja Sobat juga harus menyesuaikan buget yang Sobat miliki ya.

ASUS ZenBook Pro Duo UX482EG

ASUS ZenBook Pro Duo UX482EG

Laptop yang satu ini terkenal kuat untuk setiap kinerja para penggunanya. Asus ZenBook Pro Duo UX482EG ini menawarkan fitur layar sekunder Screen Pad Plus. Di dalamnya juga memuat prosesor intel core generasi ke 11 yang terbaru. Untuk urusan editing video dan pekerjaan berat lainnya, laptop ini sangat bisa Anda andalkan. Kemudian, kehadiran grafis NVIDIA GeForce MX450 pada laptop ini membuat tampilan visualnya semakin halus. Tentu grafis halus ini akan menunjang pekerjaan editing video hingga bermain gaming.

HP Omen 15 Ryzen 7 5800H

HP Omen 15 Ryzen 7 5800H

Laptop terbaik untuk video editing selanjutnya adalah HP Omen 15 Ryzen 7 5800H.  Laptop keluaran HP ini meang dirancang dengan desain yang modern dan tampilan minimalis.

Tak hanya itu laptop ini juga cocok digunakan untuk bermain game dengan spesifikasi yang berat. Tampilan layar yang lebar serta didukung oleh layar full HD semakin menunjang performa Anda dalam bekerja maupun saat bermain game.

Tak usah khawatir untuk menggunakan berbagai jenis software yang membutuhkan kapasitas yang tinggi dan berat karena HP Omen ini memiliki tempat penyimpanan cukup tinggi sehingga pekerjaan Anda dapat lebih efisien.

Kemudian, jenis laptop yang satu ini juga memiliki kapasitas baterai yang tahan lama yaitu hingga lebih dari 12 jam. Dengan baterai yang sangat awet ini akan membantu Anda untuk bekerja seharian di manapun dan kapapun. Harga yang cukup mahal memang sebanding dengan kualitas dan performa yang dihadirkan.

ASUS ROG Zephyrus Duo 15 SE GX551

Laptop Terbaik 2021 ASUS ROG Zephyrus Duo 15 SE GX551

Asus Rog Zephyrus Duo 15 SE GX551 adalah jenis laptop yang sudah sangat populer di kalangan Youtuber dan juga gamers. Performa yang dihasilkannya dalam urusan mengedit video hingga bermain game sudah tidak usah diragukan lagi. Maka tidak heran banyak Youtuber yang mempercayakan laptop yang satu ini untuk urusan editing video di kanal mereka.

Salah satu kelebihan dari laptop keluaran Asus ini ialah hadirnya AMD Ryzen 9 5900HX yang merupakan dapur pacu level atas. Tak ketinggalan pula sistem pendinginan mutakhir yang membantu penggunanya menggunakan laptop ini dalam pekerjaan yang berat. Kemudian, CPU pada laptop ini juga memiliki sistem overclock yang menghasilkan performa yang lebih cepat lagi.

Pekerjaan berat yang dilakukan secara sekaligus seperti editing foto, video hingga streaming akan tetap bisa dilakukan secara lancar dan nyaman. Keunggulan lainnya dari laptop Asus yang satu ini ialah terdapatnya kapasitas RAM hingga 32 GB serta penyimpanan sebanyak 2 TB RAID 0 SSD.

Laptop ini juga didukung oleh tampilan layar yang sangat keren. Fitur dari tampilan layar ini memiliki akurasi warna yang tinggi sehingga para penggunanya merasa lebih nyaman untuk mengerjakan pekerjaan editing hingga bermain gaming. Harga yang ditawarkan yaitu sekitar 50 juta rupiah memang sebanding dengan kualitas performa yang diberikan laptop ASUS ini.

Apple MacBook Pro M1 2020

Laptop Terbaik 2021 Apple MacBook Pro M1 2020

Selanjunya terdapat Apple MacBook Pro M1 2020 yang bisa Anda jadikan partner andalan dalam mengerjakan berbagai tugas berat lewat laptop. Kehadiran CPU 8 core di dalam laptop ini juga membantu para penggunanya untuk bekerja pada program yang kompleks seperti gaming, editing video, foto dan lainnya.

Kehadiran layar retina 13, 3 inci pada laptop ini menghasilkan tampilan visual yang sangat bersih dan detail. Oleh sebab itu, para editor yang membutuhkan tingkat ketelitian warna dan gambar yang tinggi sangat cocok menggunakan Apple MacBook Pro M1 2020 ini.

Kemudian, baterai yang digunakan pada laptop keluaran Apple ini juga mampu bertahan hingga 18 jam lamanya. Tentu keunggulan baterai dari laptop ini akan membuat Anda semakin produktif sepanjang harinya.

Lenovo Yoga Slim 7i Carbon

Laptop Terbaik 2021 Lenovo Yoga Slim 7i Carbon

Lenovo Yoga Slim 7i Carbon juga termasuk jenis laptop terbaik 2021. Para pengguna yang memiliki jam terbang yang tinggi di depan laptop sangat cocok menggunakan laptop ini. Mulai dari editing video, fotografi dan berbagai penggunaan software berat lainnya akan sangat membantu Anda jika menggunakan Lenovo Yoga Slim 7i Carbon ini.

Bobot yang sangat ringan yaitu sekitar 1 kg saja semakin memudahkan Anda untuk beraktifitas menggunakan laptop ini kapanpun dan di manapun. Tak hanya dari segi tampilan yang sangat kekinian dan keren untuk dibawa kemana saja, kehadiran sistem prosesor core i7 generasi ke 11 di dalamnya, juga akan mendukung berbagai pekerjaan Anda di depan laptop.

Tak hanya itu, layar dari laptop Lenovo Yoga Slim 7i Carbon ini juga memiliki tampilan layar QHD. Dijamin setiap tampilan gambar maupun video yang dihasilkan memberikan efek yang sangat bersih dan tajam. Para Youtuber pasti sangat cocok dengan kinerja dari laptop yang satu ini. Tak ketinggalan daya baterai yang diklaim mampu bertahan hingga seharian semakin membantu para penggunanya untuk bekerja di depan laptop seharian.

MSI Summit E15 Touch 227ID

Laptop Terbaik 2021 MSI Summit E15 Touch 227ID

Salah satu keunggulan dari MSI Summit E15 Touch 2271D ini sehingga sangat digemari oleh para pebisnis dan pegiat content creator ialah daya baterainya yang mampu bertahan hingga belasan jam. Tak hanya itu, beratnya yang hanya sekitar 1, 7 kg saja juga memudahkan para penggunanya untuk menggunakannya di manapun karena mudah dibawa bepergian.

Tak ketinggalan fitur intel Core i7 generasi ke 11 dari laptop ini membuat kinerjanya semakin efisien. Memori penyimpanan yang tergolong tinggi juga meningkatkan produktifitas Anda dalam bekerja baik itu untuk dokumen, editing video dan lain sebagainya.

Baca Juga : Spesifikasi dan Harga Laptop Lenovo Ideapad Flex 5i

Lenovo IdeaPad Gaming 3

Laptop Terbaik 2021 Lenovo IdeaPad Gaming 3

Rekomendasi terakhir untuk laptop terbaik 2021 untuk editing video sekaligus gaming ialah Lenovo IdeaPad Gaming 3. Laptop ini memiliki performa yang sangat powerful dalam menunjang pekerjaan berat. Kapasitas memori yang sangat besar juga mencegah para penggunanya dari trouble saat melakukan pekerjaan berat secara bersamaan. Layar Full HD yang sangat jernih dan tajam akan membuat mata Anda terasa lebih nyaman dan tidak gampang lelah. Oleh sebab itu, Lenovo IdeaPad Gaming adalah jenis laptop ideal untuk para editor maupun Youtuber.

MSI Creator M16 A11UD-687ID

MSI Creator M16 A11UD-687ID

Laptop terbaik untuk video editing selanjutnya adalah MSI Creator M16 yang dibandrol di harga Rp 25 jutaan. Laptop ini menyuguhkan layar yang bisa lebarkan mencapai 180 derajat yang tentu saja sangat memudahkan untuk presentasi ke klient atau rekan kerja.

Layarnya hadir dengan rasio 16:10 yang cocok digunakan untuk melakukan editing video karena ruang yang cukup luas, Tentu saja layar ukuran ini cocok sekali digunakan pada sofware multimedia seperti Adobe dan lainnya.

Laptop ini sudah mengusung chipsey Intel core i7 11800H yang disandingkan dengan kartu grafis NVIDIA GeForce RTX™ 3050 Ti dan juga RAM sebesar 16 GB dan pengguaan SSD 1TB melengkapnya sehingga kecepatan proses datanya menjadi lebih kencang.

ASUS ZenBook Pro Duo 15

ASUS ZenBook Pro Duo 15

Selanjutnya laptop untuk editing video dan juga untuk gaming tentunya, yaitu ASUS ZenBook Pro Duo 15 yang dibandrol di harga Rp 43 jutaan.

Laptop ini ditenagai dengan chipset Intel Core i7 10870H yang disandingkan dengan kartu grafis NVIDIA GeForce RTX™ 3070 dan RAM mencapai 32 GB serta dukungan SSD 1 TB. Sementara layarnya hadir dengan ukuran 15,6 inci menggunakan panel OLED UHD yang sangat cocok digunakan untuk multimedia termasuk video editing.

Selain itu layanya mendapatkan teknologi bernama Active Aerodynamic System Plus, ScreenPad™ Plus yang mana akan berfungsi untuk meningkatkan sirkualasi udara.

Razer Blade 14

Razer Blade 14

Laptop edit video terbaik selanjutnya adalah Razer Blade 14 yang dibandrol di harga berkisar Rp 33 jutaan.

Laptop ini hadir dengan dukungan audio yang optimal, yaitu mendapatkan teknologi THX Spatial Audio pada Razer Blade 14 dapat menghadirkan suara yang akurat.

Dan berkat dukungan NVIDIA® GeForce RTX™ 3070 laptop ini akan lancar mengakomodasi kebutuhan editing video termasuk melakukan rendering video dengan lancar.

Performa perangkat ini didukung dengan chipset prosesor AMD Ryzen™ 9 5900HX yang disandingkan dengan RAM 16 GB dan mendapatkan layar berukuran 14 inci menggunakan panel IPS QHD.

Tips Memilih Laptop Untuk Keperluan Editing Video

Sebenarnya, cara memilih laptop untuk keperluan editing video hampir sama seperti memilih laptop untuk gaming. Yang perlu dipertimbangkan adalah penggunaan prosesor, kartu grafis (GPU), RAM, Penyimpanan sudah SSD, Teknologi Layar dan Kapasitas baterainya.

Ke empat aspek tersebutlah yang wajib banget sobat teliti sebelum membelinya, karena ini adalah komponen utama menunjang kemampuan laptop agar bisa melakukan rendering video dengan lancar tanpa kendala.

Misalnya, Laptop harus sudah mendukung chipset Intel Core i7 atau merk lain yang setara, karena di tipe ini sudah menggunakan jumlah core yang cukup banyak sehingga performanya akan lebih maksimal jika digunakan untuk melakukan editing video.

Sedangkan spek yang memperngaruhi proses rendering video adalah pemilihan GPU atau kartu grafis yang tepat.

Karena pada dasarnya GPU berfungsi untuk memproses grafik dari video yang diedit. Semakin hasil videonya memiliki resolusi yang tinggi, maka GPU yang digunakan harus tinggi juga.

Sobat bisa mempertimbangkan dengan menggunakan Seri RTX dari NVIDIA atau merk lain yang setara. Jika ingin yang lebih hemat biaya sobat juga bisa memilih menggunakan seri RX atau Radeon dari AMD.

Selain itu sobat harus mempertimbangkan penggunaan RAM sebesar 16 GB atau lebih tinggi, Seperti yang sudah kita ketahui, RAM adalah tempat penyimpanan sementara untuk beragam jenis intruksi dari program.

Dengan menggunakan RAM yang besar, sobat akan bisa menjalankan beragam jenis aplikasi tanpa harus merasakan lag. Untuk itu pertimbangkan menggunakan RAM dengan kapasitas di atas 16 GB ya.

Selain RAM, Sobat juga harus mempertimbangkan penggunaan penyimpanan data yang sudah SSD, karena dengan SSD kecepatan membaca dan menulis akan lebih cepat dibandingkan penggunaan HDD, dan tentunya Layar juga harus sobat perhatikan, jangan sampai spek laptop sudah OK tapi penggunaan layarnya masih jadul.

Rekomendasi Laptop Lainnya

Selain rekomendasi laptop terbaik untuk editing video, kami juga sudah membahas beberapa rekomendasi produk lainnya yang bisa sobat baca dari daftar link di bawah ini.

Kesimpulan

Nah, itulah beberapa rekomendasi laptop terbaik untuk editing video. Jika dari daftar di atas tidak ada yang cocok untuk Sobat, sobat bisa mengguankan tips cara memilih laptop editing yang sudah kami jabarkan di atas, semoga sobat mendapatkan laptop idaman yang sesuai dengan keinginan ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.