Kartu Sim Tidak Ada Layanan

Banyak pengguna yang seringkali mengeluh tentang jaringan pada SIM card mereka yang tiba-tiba hilang atau tidak ada layanan. Termasuk pengguna iPhone yang mengeluh tidak ada layanan yang didapatkan .

Permasalahan tersebut memang bisa saja muncul pada beberapa provider SIM card dan beberapa perangkat, tentu saja ini sangat menggangu aktivitas komunikasi karena tidak bisanya menerima jaringan.

Lalu, apakah kartu sim tidak ada layanan akan dapat diperbaiki? Bagaimana caranya? agar lebih jelasnya, simak jawabannya di artikel ini!

Kartu Tidak Ada Layanan

Kartu Sim Tidak Ada Layanan

Munculnya masalah tidak adanya layanan pada sim card bukanlah hal yang perlu terlalu dirisaukan karena masalah ini memungkinkan dan mudah untuk diperbaiki.

Memang kartu SIM yang tidak ada layanan akan membuat jaringan mati, dan parahnya akan membuat kita kerepotan serta menghambat pekerjaan.

Pasalnya saat kartu SIM tidak ada layanan, maka seluruh aktivitas yang berkaitan dengan jaringan seperti aktivitas internet, telepon, hingga SMS akan tidak bisa digunakan.

Penyebab Kartu SIM Tidak Ada Layanan

Kartu Sim Tidak Ada Layanan

Munculnya masalah pada kartu SIM tentu ada penyebabnya. Beberapa faktor bisa disebabkan oleh faktor internal dan eksternal. Nah, hal ini juga bisa berlaku untuk iPhone yang tidak ada layanan karena bisa jadi masalahnya ada pada kartu SIMnya.

Jaringan Di Sekitar Lemah

Faktor mengapa kartu indosat tidak ada layanan ataupun pada kartu-kartu lainnya bisa disebabkan karena Sobat sedang berada jauh dari jangkauan menara BTS atau menara sinyal.

Cek kembali, apakah provider Sobat banyak digunakan di daerah tersebut dan apakah mendukung sinyalnya. Pasalnya tidak semua wilayah terutama wilayah pedesaan terjangkau sinyal yang kuat.

Cara paling ampuh adalah dengan menggunakan jumper penguat sinyal hp yang tentu saja harganya tidak murah, tapi sobat bisa mencoba menggunakan aplikasi penguat sinyal walaupun tidak akan maksimal.

APN Yang Belum Diatur

Selain jaringan yang lemah, faktor setingan APN (Access Point Name) juga berpengauh terhadap sinyal dan jaringan pada SIM card.

Bagi yang belum tahu, APN sendiri merupakan nama gerbang antara jaringan seluler GSM, GPRS, 3G dan 4G dan jaringan komputer lain, sering kali Internet publik. Perangkat seluler yang membuat koneksi data harus dikonfigurasi dengan APN untuk ditampilkan ke operator.

Dengan begitu, maka pengaturan APN juga begitu berpengaruh. Sebagai informasi, sobat bisa mencari daftar APK tercepat dengan cara Googling, karena sudah banyak orang yang share daftarnya, bahkan kami juga sudah share daftar APN Telkomsel yang bisa sobat gunakan.

Adanya Bug dan Error Pada Sistem Perangkat

Faktor lain kenapa kartu SIM XL, Simpati, Three, Indosat dan Axis tidak ada layanan bisa juga disebabkan karena terdapat bug dan error pada sistem.

Hal ini biasanya terjadi pada perangkat yang sistemnya belum diperbarui, sehingga kerap terjadi beberapa error pada sector tertentu. Namun faktor ini jarang muncul, tapi kemungkinan bisa terjadi.

Kartu SIM Sudah Memasuki Masa Tenggang

Meski banyak disadari orang, masa tenggang kartu SIM seringkata diabaikan. Pasalnya saat masa tenggang kartu SIM telah tiba, pengguna akan diblokir sementara dalam hal layanan internet, telepon, dan SMS.

Biasanya SIM card akan kembali pulih jika Sobat telah mengisi saldo pulsa, membayar tagihan pada SIM Card, ataupun karena menghubungi customer service provider tersebut.

Ponsel Ilegal (IMEI Terblokir)

Salah satu penyebab kartu sim tidak ada layanan bisa disebabkan juga karena IMEI ponsel Sobat diblokir pihak berwenang.

Pemblokiran IMEI disebabkan karena ponsel Sobat terindikasi ilegal dan belum memenuhi syarat untuk dipasarkan di Indonesia.

Pasalnya pada tahun kemarin, pemerintah Indonesia resmi mengeluarkan aturan bahwa ponsel yang terindikasi ilegal dan tidak memenuhi syarat untuk di distribusikan, akan dikenakan hukuman pemblokiran IMEI.

Jika sobat memiliki iPhone yang tidak ada layanan, bisa jadi sobat membeli iPhone secara blackmarket yang artinya IMEI pada perangkat tersebut belum diregistrasi sehingga tidak dapat menerima layanan sinyal di Indonesia, solusinya sobat harus melakukan registrasi IMEI di dirjen beacukai dan membayar pajak masuk perangkat.

Kartu SIM Card Rusak

Selain faktor-faktor diatas, penyebab kartu tidak ada jaringan bisa terjadi karena kartu SIM rusak.

Sobat bisa cek kembali apakah ada kerusakan pada kuningan chip pada SIM Card. Pasalnya jika sudah rusak, mau tidak mau Sobat harus menggantinya ataupun menghubungi pihak provider SIM Card.

Selain SIM Cardnya yang rusak, bisa jadi komponen yang terdapat pada slot SIM card di HP sobat juga mengalami kerusakan, ada baiknya sobat cek secara manual dengan melakukan pengeliatan menggunakan penerangan, jika tidak berani ada baiknya bawa ke service center terdekat.

Itulah kira-kira penyebab kartu SIM tidak memiliki jaringan. Dapat dikatakan sebenarnya ada beberapa faktor lain, tapi umumnya terjadi karena hal-hal tersebut.

Cara Mengatasi SIM Card Tidak Ada Layanan

Kartu Sim Tidak Ada Layanan

Jangan khawatir, setelah Sobat mengetahui beberapa penyebab dan menganalisis perangkat dan SIM card Sobat, kami akan menjelaskan kembali cara mengatas SIM card tidak ada layanan.

Apakah bisa diperbaiki kartu Telkomsel, XL, Simpai, Axis, Tree, Indosat tidak ada layanan ? Jawabannya tentu saja bisa! Sobat bisa mengikuti cara akan akan kami jelaskan di bawah ini.

Keluarkan SIM Card dan Masukkan Kembali

Cara pertama yang bisa Sobat lakukan adalah dengan mengeluarkan sim card.

Silakan Sobat matikan ponsel terlebih dahulu , lalu keluarkan SIM card dari slot HP. Berbarengan dengan dikeluarkannya sim card, sobat bisa cek apakah ada kerusakan pada chip ataupun kotoran yang yang menempel. Jika ada, bersihkan terlebih dahulu.

Tunggu beberapa saat dan masukkan kembali SIM card ke slot. Nonaktifkan mode pesawat, nyalakan mobile data atau wifi.

Masukkan SIM Card Ke Perangkat Lain

Untuk mengecek dan mengatasi layanan SIM card yang tidak aktif lainnya yaitu dengan memindahkan SIM card ke perangkat lain.

Memindahkan SIM card lain tentu bisa membantu mendeteksi bagian mana yang bermasalah. Jika kartu SIM ternyata aktif, maka kemungkinan perangkat HP yang bermasalah.

Jika SIM Card tetap tidak aktif, maka bisa dipastikan SIM card lah yang bermasalah dan perlu ditindak lanjuti.

Mengubah Ulang Pengaturan Access Point Names (APN)

Jika bermasalah pada SIM card, Sobat bisa coba mengubah ulang pengaturan APN agar jaringan dapat berfungsi kembali.

Nah, tidak adanya layanan, bisa jadi karena kesalahan pengaturan di APN ponsel milik Sobat. Untuk mengaturnya, silakan simak langkah-langkah di bawah ini

Cara atur ulang APN

  1. Pergi ke ‘Settings’.

    Langkah awal, silakan Sobat buka pengaturan atau settings di ponsel Sobat.

  2. Pilih ‘Mobile Network’.

    Jika sudah masuk ke pengaturan, Sobat bisa pilih opsi mobile network.

  3. Klik Access Point Names (APNs).

    Di menu mobile network, Sobat bisa pilih pengaturan APNs.

  4. Selanjutnya, pilih ‘Reset to default’.

    Maka nantinya akan ada beberapa opsi. Silakan Sobat pilih reset to default, lalu atur ulang pengaturan network, pilih dan buka settings.

  5. Lalu, pilih ‘Reset Network Settings’.

    Terakhir, tinggal Sobat pilih opsi reset network settings.

Itulah cara menyetel ulang / reset APN dengan mudah. Mungkin beberapa penamaan opsi pengaturan akan berbeda pada setiap versi ponsel. Namun, secara umum langkah-langkahnya sama.

Lepaskan Pelindung Jenis Metal dan Magnetic

Pelindung metal dan magenit memungkinkan akan berpengaruh pada sinyal lho.

bagi sobat yang memiliki pelindung atau case berbahan metal dan magnetic, silakan lepas dan ganti dengan pelindung lain. Pasalnya dengan pelindung metal bisa menyebabkan sinyal provider Sobat menjadi tidak maksimal dan menganggu arus pancaran.

Setelah di lepas, coba restrart atau hidupkan kembali ponsel, dan cek kembali sinyalnya.

Pindah Lokasi Untuk Mendapatkan Sinyal

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, faktor tidak adanya layanan pada SIM card bisa terjadi karena kondisi geografis. Dimana lokasi Sobat tidak mendukung sinyal kuat dari provider yang digunakan.

Beberapa provider seperti kartu 3 tidak ada layanan ataupun lem ah sinyal di beberapa daerah.

Bagaimana cara mengatasi sim card tidak ada layanan tersebut? nah, Sobat bisa pindah lokasi ke daerah yang mendukung sinyal kuat untuk jaringan yang Sobat gunakan.

Jika diperlukan, gunakan fitur Search Network / Pencarian Jaringan secara manual.

Solusi lainnya untuk mengatasi layanan SIM card yang tidak aktif adalah dengan memanfaatkan fitur pencarian jaringan di ponsel.

Tentunya cara ini cukup mudah dilakukan, berikut cara yang bisa Sobat ikuti:

  1. Pertama, silakan sobat pergi ke Settings atau Pengaturan.
  2. Jika sudah, langsung pilih opsi Connection.
  3. Kemudian pilih menu Mobile networks yang ada di jajaran opsi menu connection.
  4. Lanjutkan dengan masuk ke opsi Network operators.
  5. Terakhir, tinggal cari jaringan dengan mengetuk opsi Search network.

Adanya fitur opsi pencarian jaringan secara manual ini bisa digunakan oleh pengguna yang hendak menampilkan operator apa saja yang tersedia di lokasi Sobat.

Bawa ke Grapari Untuk Kartu Telkomsel

Kenapa kartu telkomsel tidak ada layanan? padahal semua terlihat aman. Nah, hal ini bisa saja terjadi karena masalah yang tidak bisa Sobat atasi sendiri.

Agar masalah dapat terdeteksi pada SIM Card Telkomsel, Sobat bisa bawa kartu SIM card ke gerai Grapari terdekat. Untuk lebih memastikannya sobat bisa telpon call center Telkomsel terlebih dahulu di nomor 188.

Nah di Grapari, nantinya teknisi akan membantu mencari tahu letak permasalahannya dan akan mengatasinya.

Jika Sobat bukan pengguna telkomsel, tapi indosat, 3 Indonesia, XL, Axis, dan Provider lainnya Sobat bisa mengunjungi atau menghubungi Costumer Service masing-masing untuk mendapatkan bantuan lebih spesifik.

iPhone Tidak Ada Layanan

Nah jika sobat pengguna iPhone yang mengalami tidak ada layanan, sebenarnya sama saja seperti yang sudah dijelaskan di atas.

Tapi pertama-tama sobat pastikan dulu apakah iPhone yang sobat gunakan IMEInya sudah terdaftar secara resmi atau tidak, cara cek IMEI sudah kami jelaskan beberapa waktu lalu, sobat bisa mengikutinya.

Selain itu sobat wajib mengetahui apakah perangkat tersebut iPhone Asli atau bukan, karena ini juga berpengaruh terhadap layanan yang ditangkap. Kalau ternyata iPhone tersebut palsu tentu saja hal yang lumrah jika tidak layanan yang di dapatkan.

Tapi jika ternyata iPhone sobat asli dan sudah terdaftar iMEInya, sobat wajib cek kartu SIM yang digunakan, dan langkah akhir sobat wajib mengunjungi Service Center Apple untuk mendapatkan penanganan yang maksimal.

Akhir Kata

Demikian ulasan tentang cara mengatasi kartu tidak ada layanan, dan penyebab kartu kehilangan jaringan yang dapat kami sampaikan. Bagaimana? cukup mudah bukan mengatasinya? silakan Sobat coba cara yang telah dijelaskan. Jika ada cara lain, sharing di kolom komentar ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *