AndroidPonsel.com – Anda tentu masih ingat dengan seorang pria bernama Edward Snowden dimana ia merupakan mantan karyawan dinas rahasia Amerika Serikat yaitu CIA. Kemudian dia berbalik arah menjadi sosok pembocor rahasia dari negara adidaya tersebut. Hal yang semacam ini sebenarnya juga tidak mustahil dialami oleh sebagian besar orang. Khususnya bagi mereka yang berkomunikasi dengan komponen produk digital.  

Sebut saja WhatsAppa, BBM, Signal, Telegram dan sebagainya. Semua itu mempunyai kemungkinan untuk disadap sehingga komunikasi yang dilakukan menjadi tidak aman lagi. Untuk membuat komunikasi Anda bisa jadi lebih aman, salah satu solusi yang kini dapat Anda terapkan adalah melindungi cara komunikasi Anda di android dengan adanya fitur enkripsi. Bagaimana cara paling aman berkomunikasi di android dengan fitur enkripsi ini? Berikut informasi lengkapnya untuk Anda.

Cara Paling Aman Berkomunikasi Di Android Dengan Fitur Enkripsi

Sebelum Anda melakukan cara paling aman berkomunikasi di android dengan menggunakan fitur enkripsi, hal pertama yang perlu Anda ketahui adalah :

  • Melakukan enkripsi ponsel bisa menghabiskan waktu berjam – jam.
  • Nantinya baterai Anda harus lebih dari 80%. Android tidak mau melakukan enkripsi bila baterai kurang dari angka tersebut.
  • Kemudian perangkat Anda harus dicolokkan sepanjang proses karena perangkat tidak boleh mati atau error ketika proses ini sedang berlangsung.
  • Jika perangkat memang sudah diroot, unroot lebih dulu.
  • Pastikan agar Anda punya banyak waktu dan baterai sebelum memulai prosesnya dengan benar. Jika Anda mengganggu proses dan mengakhiri sebelum proses selesai kemungkinan akan ada kehilangan data. Setelah proses dimulai lebih baik tinggalkan proses Anda dan biarkan dia menyelesaikan tugasnya.
  • Jika semua peringatan sudah Anda lewati kini siap untuk Anda mengenkripsi perangkat. Untuk memulainya masuk ke setting dan tap pada bagian security (menu ini mungkin berbeda di ponsel lain apalagi ponsel Anda berbahasa Indonesia). Jika ponsel sudah dilakukan enkripsi akan terlihat nantinya. Beberapa perangkat juga memungkinkan SD card untuk dienkripsi tetapi secara default android hanya mengenkripsi internal storage saja.
  • Jika perangkat masih belum di enkripsi Anda bisa mulai prosesnya dengan melakukan tap pada pilihan encrypt phone dan proses akan langsung dimulai.

Kebanyakan ponsel baru android dalam melakukan enkripsi perangkat juga sudah aktif secara default. Jika kasusnya seperti ini, tak ada cara menonaktifkan enkripsinya. Akan tetapi jika Anda menggunakan perangkat yang belum aktif enkripsinya ketika dibeli, ada beberapa hal yang Anda perlu pertimbangkan diantaranya :

Baca juga:

Performa ponsel akan menurun

Sekali Anda mengaktifkan mode enkripsi pada ponsel, data akan di enkripsi setiap kali Anda ingin mengaksesnya. Karena hal ini dilakukan maka ponsel akan kerja dua kali dan menyebabkan performanya jadi menurun setelah enkripsi diaktifkan. Walau begitu untuk beberapa ponsel (utamanya ponsel yang speknya tinggi) hal ini tidak begitu terlihat.

Enkripsi merupakan fitur satu arah

Jika Anda mengaktifkan enkripsi, satu – satunya cara untuk melakukan non aktif pada enkripsi tersebut adalah dengan melakukan factory reset dan memulainya dari awal kembali. Karena itu pastikan Anda sudah siap dengan hal ini sebelum melakukan enkripsi pada ponsel Anda.

Jika ponsel sudah diroot, Anda perlu mengunroot

Jika Anda mencoba untuk mengenkripsi android yang sudah diroot, Anda akan dapat masalah. Anda bisa mengenkripsi perangkat yang sudah diroot tetapi perlu melakukan langkah unroot dulu pada ponsel tersebut.

Itulah bagaimana cara paling aman berkomunikasi di android menggunakan fitur enkripsi. Semoga informasi yang kami berikan diatas menjadi informasi yang bermanfaat.

Tinggalkan komentar di sini